Penerapan Reward dan Punishment untuk Mendisiplinkan Taruna-Taruni dalam Belajar Agama Kristen (Studi Partisipatoris di Sekolah Menengah Kejuruhan Negeri 2 Turen Malang)

Samuel Yudistiro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan reward dan punisment terhadap kedisiplinan siswa dalam pelajaran Agama Kristen di Sekolah Menengah Kejuruhan Negeri 2 Turen Malang. Jenis penelitian adalah kualititif deskriptif, yaitu menggambarkan kondisi nyata dengan menggunakan kata-kata dan menyajikan persoalan, klasifikasi jenis atau garis besar tahapannya. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah Studi Partisipatoris, adalah penelitian yang bertujuan mengembangkan dan memperbaiki tingkat kedisiplinan siswa Sekolah Menengah Kejuruhan Negeri 2 Turen Malang dalam Pelajaran Agama Kristen. Hasil penelitian menemukan empat faktor utama dalam menerapkan reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar Agama Kristen di SMK Negeri 2 Turen Malang, yaitu (1) mengondisikan siswa dalam lingkungan yang memungkinkan penanaman disiplin, (2) melaksanakan program kedisiplinan reward dan punishmen dari konsep menjadi praktik, (3) memberikan reward yang tepat kepada siswa yang dianggap berhasil dan memberikan punishment yang terukur bagi siswa yang dianggap tidak disiplin, dan (4) melakukan evalusi hasil kegiatan untuk mendapatkan informasi kelemahan dan kekuatan dari praktik reward dan punishment untuk mendisiplinkan siswa.

Full Text:

PDF

References


Adi, Sugeng Susilo. 2016. Classroom Management. Malang: UB Media.

Creswell, Johm W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dale H. Schunk, dkk., 2012. Motivasi dalam Pendidikan; Teori, Penelitian dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks.

Enklaar, Homrighausen. 2011. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, Rekonstruksi Pemikiran Dasar.Malang: Literasi Nusantara

Imron, Ali. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Indrakusuma, Amier Daien. 1973. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Lewis, Ramon. 2004. Dilema Kedisiplinan. Jakarta: PT Gramedia.

Nahar. Novi Irwan. 2016. Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial.

Nainggolan, J.M. 2010. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi . Bandung: Bina Media Informasi.

Pearce, John. 2000. Mengatasi Perilaku Buruk dan Menanamkan Disiplin Pada Anak. Jakarta: Arcan.

Purwanto, M. Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto, M. Ngalim . 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Slavin, Robert.E .2017. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Soedirdjo, Sastro. Menggali Isi Alkitab Jilid 2. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Sugiyanto. 2013. Psikologi Pendidikan: Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Psikologi

Zamzami, Muh Rodhi. 2015. Penerapan Reward dan Punishment Dalam Belajar Behaviorisme. Jurnal Reward dan Punishment.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.