Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Psikomotorik Mahasiswa ada Mata Kuliah Teknologi dan Media Pembelajaran PAK dI STIPAK Malang

Vita Padmasari

Abstract


Abstrak: Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam mata kuliah Teknologi dan Media Pembelajaran merupakan strategi efektif untuk meningkatkan kreativitas, inisiatif, kemandirian, dan kerjasama mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dikarenan pendidikan di Indonesia semakin dipengaruhi oleh integrasi teknologi yang berkembang seiring dengan waktu. Media pembelajaran dipersiapkan bagi generasi pendidik dan pelajar masa kini untuk menghadapi tantangan kehidupan yang semakin kompleks. Generasi masa kini harus hidup berdampingan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Teknologi pembelajaran adalah upaya sistematis untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran berdasarkan kajian proses pembelajaran dan komunikasi menggunakan sumber daya manusia secara bersama-sama agar pembelajaran dapat terjadi secara efektif. Model pembelajaran ini menekankan pada hasil akhir berupa produk yang disusun secara sistematis oleh mahasiswa untuk membangun sebuah perencanaan perangkat atau proyek. Proyek yang dikerjakan oleh mahasiswa dilakukan secara kolaboratif, inovatif, dan berfokus pada pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Perkembangan teknologi dan media pembelajaran memainkan peran penting dalam membangkitkan daya kreativitas dan inovasi peserta didik serta pendidik dalam era kemajuan teknologi saat ini.

Melalui metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode quasi eksperimen bertujuan mendeskripsikan pemahaman PjBL, keberhasilan dalam pembelajaran PjBL, dan kendala proses pembelajaran model PjBL. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket (kuesioner) dengan skala likert. Analisis data dilakukan dengan uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif antara penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan psikomotorik mahasiswa. Pembelajaran berbasis proyek dan teknologi membantu mahasiswa membangun pengetahuan akan spiritualitas dan menciptakan proyek yang berhubungan erat dengan teknologi. Mahasiswa menunjukkan jiwa kreativitas yang tinggi dan kemampuan untuk menciptakan suasana baru yang memperkaya pengalaman spiritualitas dan karakter mereka. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek memiliki dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan kemampuan psikomotorik mahasiswa dalam mata kuliah Teknologi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di STIPAK Malang.

 

 


Keywords


Proyek, Inovatif, Psikomotorik, Kreativitas

References


Ambarita, Jenri, Ester Yuniati, and Nurmiani Sinaga. 2020. “Persepsi Guru Pendidikan Agama Kristen Indonesia Terhadap Pembelajaran Online Di Tengah Covid-19 Dan Era Industri 4.0.” Jurnal Shanan 4, no. 2: 174–93. https://doi.org/10.33541/shanan.v4i2.1999.

Elia, Ardyan, and Dkk. 2023. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitaif.

Fiqri, Husnul, Eko Indrawan, Refdinal Refdinal, Rahmat Azis Nabawi, Jl Hamka, Air Tawar Barat, and Sumatera Barat. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur Kelas XII Di SMK Semen Padang.” Venus: Jurnal Publikasi Rumpun Ilmu Teknik 2, no. 1. https://doi.org/10.61132/venus.v2i1.96.

Fitria, Happy. 2018. “The Influence of Organizational Culture and Trust through the Teacher Performance in the Private Secondary School in Palembang.” International Journal of Scientific and Technology Research 7, no. 7: 82–86.

Hikmawati, Anna Nur, Titih Huriah, and Azizah Khoiriyati. 2018. “Pengaruh Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Mahasiswa.” Jurnal Kesehatan “Samodra Ilmu” 9, no. 1: 62–72.

Kholida, S. Ida. 2019. “Studi Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Lerning (PjBL) Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Pada Siswa.” Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram, no. 1: 173–79.

Marimin, and Kholifatul Kurnia Rohmah. 2015. “Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar, Kompetensi Kepribadian, Dan Kompetensi Sosial Guru, Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Studi Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Purwodadi.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan 10, no. 1: 28–41.

Marthen Sahertian. 2019. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Sudut Pandang John Dewey.” Jurnal Teruna Bhakti 1, no. 2: 106–7. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna.

Moore, Edward C. 2019. “8. Theory of Inquiry.” American Pragmatism: Peirce, James, and Dewey, 183–212. https://doi.org/10.7312/moor90276-010.

Morissan. 2017. “Metode Penelitian Survei Morissan.”

Mubarok, Mubarok, Bagus Aulia Iskandar, and Zulparis Zulparis. 2021. “Kreativitas Mahasiswa Dalam Membuat Media Pembelajaran.” Jurnal Jendela Pendidikan 1, no. 04: 265–72. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.66.

Nugroho, Andri Tri, Tri Jalmo, and Arwin Surbakti. 2019. “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif.” Jurnal Bioterdidik 7, no. 3: 50–59.

Salamun, Ana Widyastuti, Syawaluddin, Rini Nafsiati Astuti Iwan, Janner Simarmata, Ester Julinda Simarmata, Yurfiah Nita Suleman, Christa Lotulung, and M. Habibullah Arief. 2023. Buku-Referensi-Model-Model-Pembelajaran-Inovatif.

Sugiyono, Djoko. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Penerbit Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v8i1.231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Vita Padmasari

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.