Model Pengajaran Alkitab dalam Pendidikan Kristen di Era Digital

Eriyani Mendrofa

Abstract


The development of increasingly advanced technology in the modern era is an opportunity for the ease of preaching God's word with digital media. The problem is that there are still many teachers, be they lecturers, teachers, or servants of God, who do not really understand the benefits of mastering technology as a vehicle for God's word. In this paper, the author will present a new challenge for the Christian world to face increasingly sophisticated technology. Using a descriptive qualitative method with a literature study approach. Thus, it can be concluded that the teaching of the Bible in Christian education in the Digital Age is. First, the basis and calling of teaching according to the Bible; second, the role of Information Technology as an Educational Media. And learn from the actualization of Jesus' ministry as an Example in Teaching. Moreover, relying on the role of the Holy Spirit as the only teacher for the needs of society in the modern era.

 

Abstrak

Perkembangan teknologi yang semakin maju di era modern merupakan peluang bagi kemudahan pemberitaan firman Tuhan dengan media digital. Permasalahannya masih banyak pengajar baik itu dosen, guru, atau para pelayan Tuhan yang belum terlalu mengerti manfaat menguasai teknologi sebagai kendaraan bagi firman Tuhan. Dalam tulisan ini, penulis akan menyajikan tantangan baru bagi dunia kekristenan untuk menghadapi teknologi yang semakin canggih. Menggunakan metode kualitatif dekritif dengan pendekatan syudi literature. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengajaran Alkitab dalam pendidikan Kristen di Era Digital adalah. Pertama, dasar dan panggilan pengajaran menurut Alkitab, kedua mendeskripsikan peran Teknologi Informasi sebagai Media Pendidikan. Serta belajar dari aktualisasi pelayanan Yesus sebagai Teladan dalam Mengajar. Terlebih mengadalkan peran Roh Kudus sebagai satu-satunya Pengajar bagi kebutuhan masyarakat di era modern.

 

 

Keywords


Bible teaching; digital era; educational theory; era digital; pengajaran Alkitab; teori pendidikan

Full Text:

PDF

References


Andriati, Sarah. Pemahaman Tentang Karunia Roh Kudus Dalampemberdayaan Kualitas Guru Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Antusias. Vol. 4, 1948. http://www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/3/2.

Anthony, Michael J. Introducing Christian Education Fondasi Pendidikan Abad 21. Cetakan ke. Malang: Penerbit Gandum Mas, 2017.

Arifianto, Yonatan Alex, and Asih sumiwi Rachmani. “Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13.” Jurnal Diegesis 3, no. 1 (2020): 1–12.

Bergant, Dianne, and Robert J. Karris. Tafsir Alkitab Perjanjian Lama. Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Budiyana, Hardi. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. Cetakan ke. Surakarta: STT Berita Hidup, 2017.

Darmadi, Hamid, Sulha, and Ahmad Jamalong. Pengantar Pendidikan. Bandung: AlfaBeta, 2018.

Dwiraharjo, Susanto. “Konstruksi Teologis Gereja Digital: Sebuah Refleksi Biblis Ibadah Online Di Masa Pandemi Covid-19.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 4, no. 2 (2020): 154–169.

Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip Dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogjakarta: ANDI, 2006.

Okra, Riri, and Yulia Overa. “Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan.” Jurnal Edukatif (2019).

Palit, Rosalinda, Alden Laloma, and Londa Very Y. “Perilaku Masyarakat Di Era Digital (Studi Di Kelurahan Tingkulu Kecamatan Wanea Kota Manado).” Jurnal Administrasi Publik 7, no. 99 (2021).

Purwoto, Paulus, Hardi Budiyana, and Yonatan Alex Arifianto. “Landasan Teologis Pendidikan Kristen Dalam Perjanjian Baru Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Kristen Masa Kini.” DIDAKTIKOS Jurnal Pendidikan Agama kristen 3, no. 1 (2020): 34–48.

R, Boehlke Robert. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. 6th ed. Jakarta: Gunung Mulia, 2011.

Ritonga, Nova. “Teologi Sebagai Landasan Bagi Gereja Dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Shanan 4, no. 1 (2020): 21–40. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/1766/1352.

Ronda, Daniel. “Kepemimpinan Kristen Di Era Disrupsi Teknologi.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 1 (2019): 1.

Sadiman, Arief F., R. Raharjo, Anung Haryono, and Rahardjito. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Santosa, Nur Budi. “Peran Roh Kudus Dalam Pelaksanaan Pendidikan Kristen.” Jurnal Antusias (2012).

Siahaan, Harls Evan R. “Aktualisasi Pelayanan Karunia Di Era Digital.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 1, no. 1 (2018): 23.

Tafonao, Talizaro. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Komunikasi Pendidikan (2018).

Yang, Ferry. Pendidikan Kristen. Surabaya: Penerbit Momentum, 2018.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v4i2.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Didaktikos

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.