Kegiatan Belajar dan Mengajar secara Digital dengan Konsep Hybrid Learning di Sekolah Terpadu Pahoa

Diana Tjoeng, Sutrisno Sutrisno, Christiani Hutabarat, Bobby Kurnia Putrawan

Abstract


The Covid-19 pandemic has changed the order of people's lives in all aspects of life, one of which is in the world of education, especially in the world of Christian Religious Education. The face-to-face learning model has now turned into distance learning or also known as online learning. Looking at the current development of education, the researcher observes that blended learning or hybrid learning systems can be applied in the learning process. This research was conducted at the Pahoa Integrated School. The approach in this study uses a qualitative approach. The data is taken by looking directly through online and face-to-face teaching and learning activities so that definite data can be obtained. The results of this study found that digital teaching and learning activities with the concept of Hybrid Learning were good. For example, in school, teachers improve their ability to master technology because all learning is done using digital learning technology. The parents received a good response, especially for busy parents who did not have time to accompany students to study at home and for students to have the opportunity to return to learning to socialize and explore themselves with friends at school, even if only for a short time given the restrictions. The number of students in the class and the limitation of learning time in the class.

 

Abstrak

Masa Pandemi Covid-19 berdampak merubah tatanan kehidupan masyarakat dalam segala aspek kehidupan salah satunya dalam dunia pendidikan, terlebih khusus nya terhadap dunia Pendidikan Agama Kristen. Model pembelajaran dilakukan secara tatap muka kini berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau disebut juga pembelajaran dalam jaringan (daring/online). Melihat perkembangan Pendidikan sekarang ini maka peneliti mengamati bahwa sistem pembelajaran blended learning atau hybrid learning dapat di terapkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Terpadu Pahoa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diambil dengan melihat secara langsung melalui kegiatan belajar mengajar online dan tatap muka sehingga dapat di peroleh data yang pasti. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kegiatan belajar mengajar digital dengan konsep Hybrid Learning adalah baik. Misalnya dari pihak sekolah, para guru meningkatkan kemampuan dirinya dalam menguasai teknologi karena semua pembelajaran dilakukan menggunakan teknologi pembelajaran digital. Pihak orangtua mendapatkan tanggapan dan respon yang baik terlebih lagi bagi para orangtua yang sibuk tidak sempat menemani siswa untuk belajar di rumah, dan bagi siswa mendapatkan kesempatan kembali untuk belajar bersosialisasi dan mengeksplorasi dirinya bersama teman-teman di sekolah sekalipun hanya dalam waktu singkat mengingat adanya pembatasan jumlah siswa didalam kelas dan pembatasan waktu pembelajaran didalam kelas.

 


Keywords


digital learning; hybrid learning; learning model; model pembelajaran; pembelajaran digital; pembelajaran hybrid; sekolah terpadu Pahoa

Full Text:

PDF

References


Bates Toni (1995), Technology, E-Learning and Distance Education; Second Edition. London and New York : Routledge.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.

Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Biomedica, 91(1), 157–160. https://doi.org/10.23750/abm.v91i1.9397.

Nugraha, D. M. D. P. (2020). “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Penerapan Blended Learning Di Sekolah Dasar.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no.3: 472-484. https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/7846.

D.N. Wardani, Toenlioe Anselmus JE, Wedi Agus (2018), Anselmus J.E. Toenlioe, Agus Wedi, “Daya Tarik Pembelajaran di era 21 dengan Blended learning”, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol 1 No 1, http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/2852.

Dwi C., B., Aisyah Amelia, Uswatun Hasanah, Abdy Mahesha Putra, & Hidayatur Rahman. "Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-1." MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no.2 (2020): 29-37. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/559/313.

E. Mulyasa (2015), Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

H Cikka, M. Iksan Kahar, Riyadi Nur Eka Wahyuningsih Riyadi (2021), Problematika Guru Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Kependidikan Pembelajaran dan Pengembangan, Vol 3, No 2, https://ejournal.billfath.ac.id

H. S. Iriansyah (November, 2020), Membangun Kreatifitas Guru Dengan Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal STKIP Kusuma Negara Semnara I, http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/

Herdiansyah, H. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Irianto, H., & Bungin, B. (2001). Pokok-Pokok Penting Tentang Wawancara. In Metode Penelitan Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Lexy J. Moleong. (2006). Metode penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

M. Makhin (2021), Hybrid Learning : “Model Pembelajaran Pada Masa Pandemi di SD Negeri Bungur asih Waru Sidoarjo”, Mudir ( jurnal Manajemen Pendidikan ), Vol 3 No 2, https://doi.org/10.1234/mudir.v3i2.312

Maathoba, Aman, (2017), “Pengembangan Sistem Pembelajaran Blended Learning pada Matakuliah Grafika Komputer untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang”, (online) dalam Academia. Edu, Karya Ilmiah Fakultas Teknik UM. Maathoba, Blended Learning. https://www.academia.edu/38308657/Blended_Learning_By_Aman_Maathoba, (2017)

Mason, R. (1994), Computer conferencing: and the Open University. Computers in Teaching Inisiative Support Service, CRISS File, 17.

Mukhopadhyay, M (1995), Multichannel learning: The case of the National Open School, India, in S. Anzalone (ed.) Multichannel Learning: Connecting All to Education, Washington, DC: Educational Development Centre.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Grou

Nicholas, W. S. P. (2010). Mendidik Untuk Kehidupan. Surabaya: Momentum

Nurhadi Nunung ( 2020), “Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19.” AGRIEKSTENSIA: Jurnal Penelitian Terapan Bidang Pertanian 19, no.2 (2020): 121-128. https://jurnal.polbangtanmalang.ac.id/index.php/agriekstensia/article/view/936/123.

Paskarina, D., Ludwig Beethoven Jones Noya, Pratiwi Eunike, & Bobby Kurnia Putrawan. (2021). “Qualitative Analysis of Christian Religious Education Teacher Contextual Learning Strategies in Online Learning.” Didache: Jurnal of Christian Education 2, no.2: 145-159. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/DJCE/article/view/433.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sutrisno & Hutabarat, C. (2019). Orang Tua dan Teman Bermain terhadap Perkembangan Sosial Anak. QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies 1, no.1: 28–55. https://doi.org/https://doi.org/10.46362/quaerens.v1i1.15

Sutrisno, Hestiningrum, P., Lumingkewas, M. S., & Putrawan, B. K. (2021). Christian Religious Education Toward The Teenagers Character Building. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 5, no.2: 202–212. https://doi.org/https://doi.org/10.46445/ejti.v5i2.330.

Sutrisno & Hutabarat Christiani (2021), “Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dalam Dalam Pembelajaran Di Sekolah Tinggi Teologi Pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19”, RERUM: Journal of Biblical Practice 1, no.1: 97-108. https://jurnal.moriah.ac.id/index.php/rerum/article/view/14/22.

Sutrisno, S., Putrawan, B. K., Hutabarat, C., & Bulan, S. E. (2021). “Penerapan Nilai Karakter Bagi Kaum Proletar Usia Remaja di Yayasan Kemah Kasih.” Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 3, no.2: 189–199. https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.123.

Syarif, Izuddin (2012). “Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi 2, no.2: 234-249. http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034

T. Panambaian (2020), Penerapan Program Pengajaran dengan Model Blended Learning pada Sekolah Dasar di Kota Rantau. Journal Analytica Islamica, 9(1), http://jurnal.uinsu.ac.id /index.php/analytica/article/view/8413.

Thevarajan, I., H.O. Nguyen, T., & All., E. (2020). Breadth of concomitant immune responses prior to patient recovery: a case report of non serve COVID 19. Nature Medicine, 26(4), 453–455. https://doi.org/10.1038/s41591-020-0819-2.

Yantoro, Ahmad Hariandi, Zakiah Mawahdah, & Mohamad Muspawi. (2021). “Inovasi Guru Dalam Pembelajaran Di Era Pandemi COVID-19.” JPPI. (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 7, no.1 (2021): 8-15. http://dx.doi.org/10.29210/02021759.

Wati, H. M., Susantini, E., & Rahayu, S. Y. (2015). “Validitasbahan Ajar Berbasis Metakognitif Pada Materi Anabolisme Karbohidrat.” BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 4, no.3: 957-962. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/13423.

Yantoro, Hariandi Ahmad, Mawahdah Zakiah, & Muspawi Mohamad (2021). “Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19.” Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, Vol 7 No 1, https://doi.org/10.29210/02021759.

Zaini, Sa’dullah, and Sulistiono (Juli 2021), “Implementasi Hybrid Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 2 Malang.” Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no.2: 95-103. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/download/11802/9122.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v4i2.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Didaktikos

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.