Menerapkan Pendidikan Rohani melalui Prinsip Pola Asuh Orang tua dalam Amsal 3:1-26

Dina Kristiani, Paulus Kunto Baskoro

Abstract


Parents are an important part of family education. Education in a good family will produce good children, but if the family education is not good, it will produce bad children. Parents and children are inseparable, meaning that they become one and are interrelated. Children's education and growth depend on their parents' parenting style. Parenting patterns are an important foundation in the lives of children. The wrong parenting will result in children’s personal products that are not optimal. The right parenting will produce good children’s products and even be a blessing for many people. Parenting is an important point because of what is happening today; many parents don’t focus on the parenting pattern because they are too busy with work assignments, don’t understand the right parenting pattern, and don’t care about parenting that is in accordance with God’s Word, the important thing is that people parents are sufficient for the needs of children’s lives. This study uses a literature descriptive method as the method used to describe or present the results based on a literature review and by extracting the general principles of parenting according to Proverb 3:1-26. The purpose of this research is, First, to find principles of parenting in accordance with the Word of God. Second, parents apply the principles of correct parenting to their children. Third, children get a parenting pattern that is in accordance with the truth of God’s Word. Fourth, the family that is built becomes a family that is a blessing to many people. 

 

Abstrak

Orang tua menjadi bagian penting dalam sebuah pendidikan keluarga. Pendidikan dalam keluarga yang baik akan menghasilkan anak-anak yang baik, namun jika pendidikan keluarga tidak baik akan menghasilkan anak-anak yang tidak baik. Orang tua dan anak adalah hal yang tidak dapat dipisahkan, artinya menjadi satu dan saling ada keterkaitan. Pendidikan dan pertumbuhan anak-anak tergantung dari pola asuh orang tua. Pola asuh orang tua menjadi pondasi penting dalam kehidupan anak-anak. Pola asuh yang salah akan menghasilkan produk pribadi anak yang tidak maksimal. Pola asuh yang benar akan menghasilkan produk anak yang baik bahkan menjadi berkat bagi banyak orang. Pola asuh menjadi point penting, sebab yang terjadi saat ini, banyak orang tua tidak fokus kepada pola asuh yang benar, sebab terlalu sibuk dengan tugas pekerjaan, tidak mengerti pola asuh yang benar dan tidak memperdulikan pola asuh yang sesuai dengan Firman Tuhan, yang penting orang tua sudah mencukupi kebutuhan hidup anak. Penelitian ini menggunakan metode diskritif literatur sebagai metode yang dipakai untuk menggambarkan atau memaparkan hasil berdasarkan kajian pustaka serta dengan penggalian secara umum prinsip-prinsip pola asuh menurut Amsal 3:1-26. Tujuan dari penelitian ini yaitu Pertama, menemukan prinsip-prinsip pola asuh orang tua yang sesuai dengan Firman Tuhan. Kedua, supaya orang tua menerapkan prinsip-prinsip pola asuh yang benar terhadap anak. Ketiga, anak mendapatkan pola asuh yang sesuai kebenaran Firman Tuhan. Keempat, keluarga yang dibangun menjadi keluarga yang menjadi berkat bagi banyak orang.

 

 

Keywords


children; parenting; Proverbs; spiritual education; anak; Amsal; pendidikan rohani; pola asuh

Full Text:

PDF

References


Adoe, Yelvi Sofia, and Joko Sembodo. “Peranan Keluarga Menurut Amsal 22:6 Dalam Pembentukan Karakter Anak.” Miktab: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 1, no. 1 (2021): 52–61.

Albet Saragih, and Johanes Waldes Hasugian. “Model Asuhan Keluarga Kristen Di Masa Pandemi Covid-19.” JURNAL TERUNA BHAKTI 3, no. 1–11 (2020).

Angelina, Dika Yuniar. “Pola Asuh Otoriter,Kontrol Diri Dan Perilaku Seks Bebas Remaja SMK.” Persona: Jurnal Psikologi Indonesia 2 (2013): 173–182.

Angin, Yakub Hendrawan Perangin, and Tri Astuti Yeniretnowati. “Pendidikan Keluarga Kristen: Regenerasi Pemimpin Melalui Pemuridan Dan Implikasinya.” Jurnal Teologi Amreta (ISSN: 2599-3100) 4, no. 2 (2021).

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” Regula Fidei Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020).

———. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 45–59.

Aryanto, Antonius Galih Arga Wiwin. “The Righteous and Immortality in Wisdom of Solomon 1-5.” Jurnal Ledalero 20, no. 1 (2021): 129.

Ayun, Qurrotu. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5, no. 1 (2017): 102–122.

Barus, Armand. “Rahasia Keluarga Sukses : Mazmur 127.” Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 8, no. 2 (2007): 243–256.

Baskoro, Paulus Kunto. “Landasan Psikologis Pendidikan Kristen Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Kristen Masa Kini.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 1 (2020): 47–67.

———. “Pemuridan Dalam Konsep Teologi Pantekosta Bagi Pertumbuhan Gereja.” RITORNERA; Jurnal Teologi Pantekosta Indonesia 1 No 1 (2021): 10–20.

Diana, Ruat. “Prinsip Teologi Kristen Pendidikan Orang Tua Terhadap Anak Di Era Revolusi Industri 4.0.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 27–39.

Djadi, Jermia. “Gambar Dan Rupa Allah.” Jurnal Jaffray 2, no. 1 (2005): 3.

Hura, Sudiria, and Marde Christian Stenly Mawikere. “Kajian Biblika Mengenai Pendidikan Anak Dan Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 1 (2020): 15–33.

Hutajulu, Anastesya Anggelika. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Kristen Terhadap Perkembangan Moral Anak.” Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen 19, no. 1 (2021): 183–198.

Idris, Zahara dan Lisma Jamal. Pengantar Pendidikan. Cet. Ke-2. Jakarta: Gramedia Widiasarana, 1992.

KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Kusradi, Sri Wahyuni. “Kasih Setia Tuhan Dalam Perjanjian Lama Dan Relevansinya Bagi Orang Percaya Pada Masa Covid-19.” SCRIPTA: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual 9, no. 1 (2020): 53–71.

Munawir, Muhammad. “Dampak Perbedaan Pola Asuh Terhadap Perilaku Agresif Remaja Di SMA 5 Peraya.” In Seminar ASEAN Psikologi & Kemanusiaan Kedua, 256–262. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2016.

La Ndibo, Yaman. “Peranan Orangtua Dalam Membina Kedisiplinan Anak.” Journal of Education and Teaching (JET) 1, no. 2 (2021): 75–84.

Neuman, W. Lawrance. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. United States of America: Allyn and Bacon, 1999.

Paulus Kunto Baskoro, Hardi Budiyana. “Membangun Pola Pengajaran Melalui Mezbah Keluarga Sebagai Gaya Hidup Keluarga Kristen Masa Kini.” THRONOS: Jurnal Teologi Kristen 2 No 2 (2021): 103–114.

Randa, Federans. “Karya Keselamatan Allah Dalam Yesus Kristus Sebagai Jaminan Manusia Bebas Dari Hukuman Kekal Allah.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 3, no. 1 (2020): 35–62. https://e-journal.stteriksontritt.ac.id/index.php/logon/article/view/17.

Regar, Anneke R. “Bimbingan Orang Tua Terhadap Perkembangan Iman Anak Menurut Kitab Amsal.” Kurios 6, no. 1 (2020): 140.

Santosa, Santosa. “Urgensi Peran Orang Tua Membangun Kepemimpinan Anak Di Era Disrupsi Teknologi Berdasarkan Ulangan 6: 6-9.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 1 (2021): 71–88.

Setiawan, David Eko. “Dampak Injl Bagi Transformasi Spritual Dan Sosial.” Bia:Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, No 1 (2019): 83–93.

SIN, SIA KOK. “Pendekatan Topikal Dalam Menafsirkan Kitab Amsal.” SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 6, no. 1 (2020).

Soesilo, Yushak. “Penggunaan Rotan Dalam Pendisiplinan Anak Menurut Kitab Amsal 23:13-14.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2016): 1.

Stephanus Turibius, Rahmat. “Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2018): 1–68.

Tampasigi, Ril, and Peniel C D Maiaweng. “Tinjauan Teologis Tentang Takut Akan Tuhan Berdasarkan Kitab Amsal Dan Implementasinya Dalam Hidup Kekristenan.” Jurnal Jaffray 10, no. 1 (2012): 118–147.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 2 (2021): 124–143.

Trisnawati, Wahyu, and Sugito Sugito. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Era Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 823–831.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v4i2.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Didaktikos

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.