Pentingnya Media Pembelajaran di Sekolah Minggu: Refleksi Injil Matius

Nelly Nelly, Maya Lusiana Patunduk

Abstract


Sunday school is an important part of church service, so it must be taken seriously. One of the preparations for teaching Sunday School is to provide learning media. The purpose of this research is to develop learning media based on the Gospel of Matthew in the learning process at Sunday School of GPdI "Sion", Tanah Miring Merauke, Papua. This research is qualitative research with a participatory approach. Based on the results of data collection, observation, and interviews, it can be concluded that the use of instructional media is very important to stimulate interest, attention, and understanding of students in learning and to facilitate teachers in learning. For this reason, the pastor of GPdI "Sion" Tanah Miring Merauke, Papua needs to facilitate teachers in using media and attending workshops about learning media.

Abstrak

Sekolah Minggu merupakan bagian penting dalam pelayanan gereja, sehingga harus ditangani secara serius. Salah satu persiapan dalam mengajar Sekolah Minggu adalah menyediakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berdasar-kan Injil Matius dalam proses pembelajaran di Sekolah Minggu GPdI “Sion” Tanah Miring Merauke, Papua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan parsipatoris. Berdasarkan hasil pengumpulan data, observasi dan wawancara, maka dapat disimpulkan peng-gunaan media pembelajaran sangat penting untuk merangsang minat, perhatian dan pemahaman peserta didik dalam belajar serta memudahkan guru dalam pembelajaran. Untuk itu, gembala GPdI “Sion” Tanah Miring Merauke, Papua perlu memfasilitasi para guru dalam menggunakan media dan mengikuti workshop tetang media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Adam, Steffi dan Muhammad Taufik Syastra. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam,” CBIS Journal 3 no. 2: 79 (2015).

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Afriana. Konsep Media Pembelajaran,” http://digilib.iainkendari.ac.id (2017).

Dahlan, Ahmad. “Tujuan dan Unsur-unsur Pembelajaran,” https://www.eurekapendidikan.com/tujuan-dan-unsur-unsur-pembelajaran.html. repository.unj.ac.id (2014).

Darmawan, I Putu Ayub. “Jadikanlah Murid: Tugas Pemuridan Gereja Menurut Matius,” Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 2: 144-153, https://core.ac.uk/reader/296974456 (2019).

Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2016.

Duyverman, M. E. Pembimbing ke dalam PB. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

Henry, Mattew. Tafsiran Injil Matius 1-14. Surabaya: Momentum, 2007.

Maiaweng, Peniel C.D. “Inkarnasi: Realitas Kemanusiaan Yesus,” Jurnal Jaffray 13, no. 1: 97-120 https://ojs.sttjaffray.ac.id/JJV71/article/view/114/pdf_80 (2015).

Musfiqon. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012.

Mustikawati, Fenny Eka. “Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia” Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba Media Visual (2019).

https://pakdosen.co.id/media-visual-

Musturi, Ade. “Membangun relasi sosial melalui komunikasi empatik (Perspektif Psikologi Komunikasi),” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 4, no. 1: 14-31, http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/komunika/article/view/135/109 (2010).

Pasaribu, Marulak. Eksposisi Injil Sinoptik. Malang: Gandum Mas, 2005.

“Pembelajaran Akidah Akhlak, Basis Humansitik, Pendekatan Active Learning,” http://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB214156310013.pdf

Purba, Asmat. “Kreativitas Yesus dalam Membangun Hubungan Interpersonal dengan Murid-muridNya dan Implementasinya bagi Dosen Pendidikan Agama Kristen,” TEDC Jurnal Ilmiah Berkala 9, no. 1: 69-75, http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/download/244/189 (2015).

Purwono, Joni., et al. “Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan,” Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 2 no. 2: 127 (2014).

Ruseffendi, E. T. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito, 2010.

Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Sanaky, Hujair A H. Media Pembelajran Interatif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2013.

Susanti & Affrida Zulfiana. Eprints.umsida.ac.id (2018).

Tenney, Merrill C. Survei Perjanjian Baru. Malang: Gandum Mas, 2013.

Verkuyl, J. Khotbah di Bukit. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Wicaksono, Andi. 2017. “Peran Media Audio dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek,” Shahih Journal of Islamicate Multidisciplinary 2, no. 1: 67-78 (2017), http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/shahih/article/download/670/

Yaumi, Muhammad. Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v3i2.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.