Pengaruh Pemahaman Nilai-nila Pendidikan Agama Kristen Orang Tua Terhadap Prilaku Anak SD Negeri 3 Sitiarjo

Satria Budi TriWaluyo

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemahaman
orangtua akan nilai-nilai Pendidikan Agama Kristen terhadap perilaku anak di
SDN 3 Sitiarjo Malang. Pemahaman orang tua akan nilai-nilai Pendidikan
Agama Kristen meliputi tiga hal yaitu: (1) menerjemahkan nilai Pendidikan
Agama Kristen, (2) menafsirkan nilai Pendidikan Agama Kristen dan (3)
mengektrapolasi nilai Pendidikan Agama Kristen. Sedangkan perilaku anak
meliputi dua hal yakni perilaku aktif dan perilaku pasif. Perilaku tersebut
dihasilkan oleh anak sebagai respon dari nilai-nilai yang ditanamkan oleh orangtua.
Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan desain Ex
Post Facto. Penelitian dilakukan di SDN 3 Sitiarjo Malang. Sampel yang
digunakan adalah seluruh wali murud atau orang tua siswa yang beragama Kristen,
yaitu sejumlah 97 orang (sampel jenuh). Instrumen yang digunakan adalah
kuisioner. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dan diuji dengan
menggunakan SPSS for Windows 16. Setelah dilakukan regeresi linear
didapatkan bahwa pengaruh pemahaman orangtua akan nilai-nilai Pendidikan
Agama Kristen adalah sebesar 19,3% sedangkan 80,7% dipengaruhi oleh faktor
lain. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t didapatkan hasil t hitung (4,770)
> t tabel (1,661) dan bilangan signifikansinya (0,000) < 0,05 dari penelitian, maka
diketahui bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis data
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman orang tua akan nilainilai
Pendidikan Agama Kristen terhadap perilaku anak di SDN 3 Sitiarjo
Malang. Dengan demikian, orang tua harus menanamkan nilai-nilai pendidikan
Agama Kristen kepada anak-anaknya setiap saat di keluarga sebagai pondasi untuk
menamampkan perilaku yang baik


Full Text:

PDF PDF

References


Barclay M Newman dan Philip C Stine. 2008. Pedoman Penafsiran Alkitab Injil Matius. Jakarta: Yayasan Karunia Bakti Budaya Indonesia.

Brewster, Dan. 2011. Children and Childhood in the Bible. Compassion.

Driyarkara, 2006. Karya Lengkap Driyarkara: Esai-esai Filsafat pemikir yang terlibat penuh dalam perjuangan bangsanya) disunting oleh Sudiarja, Budi Subanar, Sunardi dan Sarkim). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Hamdi dan Bahrudin. 2014. Metode penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Heer De JJ. 1985. Tafsiran Alkitab Injil Matius I fasal 1s/d 12. Yogyakarta: Bpk Gunung Mulia.

Nainggolan. 2008. Strategi Pendidikan Agama Kristen. Jabar: Generasi Info Media.

Tong, Stephen. 1991. Membesarkan Anak dalam Tuhan. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia.

Tuckman Bruce W. 1999. Conducting Educational Research. Orlando. Harcourt Brace and Company.

Sidjabat, B.S 1993. Mengajar Secara Professional, Mewujudkan Visi Guru Profesional. Bandung: Kalam Hidup.

Syamsul, Yusuf. 2009. Psikologi perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

https://www.biblestudytools.com/commentaries/matthew-henry complete/deuteronomy/6.html.diakses pada tanggal 15 Agustus 2018 pukul 17.09.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v2i1.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.