Peran Orang Tua Sebagai Motivator Anak Untuk Sekolah Minggu

Stefanie Dita Roosalia

Abstract


SD Brawijaya merupakan sekolah dasar swasta Kristen pertama di kota Malang yang dibangun pada 1950. Sekolah ini sangat terkenal pada masanya, kenyataan ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang bersekolah yang berasal dari kalangan menengah ke atas. Perubahan sosial masyarakat yang terjadi telah mempengaruhi keberadaan sekolah ini. Salah satu faktornya adalah karena kepemimpinan yang sering berganti-ganti dan hanya mengandalkan penunjukkan dari yayasan saja. Saat ini SD Brawijaya 1 Malang mengalami penurunan jumlah siswa yang sangat drastis dan terancam tutup. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peran kepemimpinan pendidikan Kristen dalam menghadapi tantangan perubahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan merumuskan dan membuat kesimpulan-kesimpulan berdasarkan data-data, informasi, dan fakta-fakta yang didapat di lapangan melalui wawancara dengan informan, dan didukung dengan dokumen-dokumen yang ada. Berdasarkan hasil pengumpulan data, wawancara, informasi dan fakta-fakta yang ada di SD Brawijaya 1 Malang, maka dapat disimpulkan: Pertama, terlihat bahwa peran pemimpin pendidikan Kristen relatif sangat kecil, bahkan nyaris tidak berperan. Kedua, bahwa perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat yang pada eksistensi SD Brawijaya 1 Malang. Ketiga, bahwa unsur pemimpin pendidikan yang lain di SD Brawijaya 1 seperti kepala sekolah dan guru, tidak dapat berbuat banyak menghadapi tantangan perubahan yang terjadi. Keempat, bahwa untuk masa mendatang dengan perubahan yang terus-menerus, SD Brawijaya 1 Malang terancam akan berakhir eksistensinya.

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. 201). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell. W. John. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Desstya, Anatri. 2015. Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA. Aktualisasi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Dasar Menuju Peserta Didik yang Berkarakter.

Fadjar, Malik. 2005. Holistika Pemikiran Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 202

Groome H. Thomas. 2011. Pendidikan Agama Kristen: Berbagi Cerita dan Visi Kita. Jakarta: Gunung Mulia.

Gunarsa & Gunarsa. 2008. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Jakarta: Gunung Mulia

Hitipeuw, Imanuel. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kowal, dkk. 2014. Pendidikan Agama Kristen. Malang: Universitas Brawijaya. 118




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v2i1.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.