Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Multigrade Class (studi kasus di SDN 1 Adimulyo Singosari Malang)

Siani Listio, Febrianus Kurnia Yusianto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan berbagai permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan sistem multigrade class. Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan Studi Kasus (Case Study) untuk menemukan gambaran pola yang terkait dengan fenomena dan mengindentifikasi hubungan-hubungan yang memengaruhi fenomena. Jenis kajiannya adalah studi kasus intrinsik (intrinsic case study) yang ditempuh karena keinginan peneliti untuk memahami kasus dalam seluruh kekhususan dan aspek kesederhanaannya. Paradima penelitian yang dibangun adalah kerangka pikir konstruksi sosial, yaitu berupaya memahami individu dan dunia tempat mereka bekerja. Hasil penelitian menemukan bahwa pelaksanaan PAK dalam Multigrade Class di SDN 1 Ardimulyo Singosari Malang mengidentifikasi dua permasalah utama dalam pembelajaran multigrade class di SDN 1 Adimulyo Singosari Malang, yaitu manajemen pengelolaan kelas rangkap dan karakteristik pelajaran PAK. Selanjutnya kedua permasalahan tersebut dapat dirinci menjadi empat hal, yaitu: (1) pembelajaran dilakukan pada saat jam pulang sekolah antara jam 11.00-12.00. Alokasi waktu ini tidak sesuai dengan jumlah jam seharusnya dimiliki pembelajaran PAK yakni 2 jam pelajaran (90 menit), (2) kelas dibagi dalam dua kelompok, kelas kecil (kelas 1-3) dan kelas besar (kelas 4-6). Pembagian ini hanya untuk pemberian tugas, dalam penyampaian materi baik kelas kecil maupun kelas besar mendapat materi yang sama, (3) penyampaian materi tidak efektif dalam kelas kecil, karena guru cenderung fokus kepada kelas besar, dan (4) karakteristik PAK memiliki tingkatan pengetahuan yang berbeda-beda sehingga sulit dilaksanakan dalam kelas berbeda dengan materi yang sama.


Full Text:

PDF

References


Djalil, Aria Dkk. 2014, Pembelajaran Kelas Rangkap. Semarang: UniversitasTerbuka

Hill, Lynne. 2005. Panduan Pembelajaran Kelas Rangkap, UNESCO/UNICEF

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabetha

Wing, Clive 2015 Practical Tips for Teaching Multigrade Classes, Inclusive Learning Friendly Environments. UNESCO Bangkok.

Hendikawati, Putriaji, 2008, Multigrade Teaching: Upaya Mengatasi Masalah Pendistribusian Guru yang Tidak Merata di Indonesia. Surabaya. Lembaran Ilmu Pendidikan jilid 37, UNNES.

Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian Kualitatf. Rekonstruksi Pemikiran Dasar. Malang: Literasi Nusantara.

Creswell, Jhon W. Research Desain Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Edisi Ketiga Terjemah Ahmad Fawaid 2012, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.