Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Bhakti Insani Kota Bogor
Abstract
Christian Religious Education teachers are responsible for fostering intellectual development to enhance students' academic achievement. Efforts to improve student performance are not an easy task for teachers, as students often fail to meet the expectations of both teachers and schools. The decline in students' academic performance is caused by several factors, including a lack of understanding of the teacher's explanations, monotonous and less creative teaching methods, low learning motivation, excessive time spent playing games, and minimal parental or family attention. This study aims to examine the role of Christian Religious Education teachers' role in improving students' academic performance at SMK Bhakti Insani in Bogor City. The research method used is qualitative, employing a literature study approach, observation, and interviews. To achieve academic success, students require guidance, motivation, creative teaching methods, and attention from Christian Religious Education teachers. Therefore, collaboration between teachers, schools, and parents is essential in helping students enhance their academic performance.
Keywords: Role of Teachers; Christian Religious Education; Learning Achievement
Abstrak: Guru Pendidikan Agama Kristen mempunyai tanggung jawab yang bertujuan mencerdaskan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bukanlah tugas yang mudah seorang guru dikarenakan seringkali siswa belum dapat memperoleh prestasi belajar seperti guru maupun sekolah harapkan. Menurunnya prestasi belajar siswa disebabkan karena siswa kurang mengerti penjelasan guru, metode pembelajaran yang monoton dan kurang kreatif, motivasi belajar yang rendah, lebih menghabiskan waktu bermain game, dan minimnya perhatian orang tua atau keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Bhakti Insani Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, observasi, dan wawancara. Untuk mendapatkan prestasi belajar, siswa perlu mendapatkan arahan, bimbingan, motivasi, metode pembelajaran yang kreatif, dan perhatian dari guru Pendidikan Agama Kristen. Itulah sebabnya, kerjasama antara guru, sekolah, dan orang tua dapat menolong siswa meningkatkan prestasi dalam belajar.
Christian Religious Education teachers are responsible for fostering intellectual development to enhance students' academic achievement. Efforts to improve student performance are not an easy task for teachers, as students often fail to meet the expectations of both teachers and schools. The decline in students' academic performance is caused by several factors, including a lack of understanding of the teacher's explanations, monotonous and less creative teaching methods, low learning motivation, excessive time spent playing games, and minimal parental or family attention. This study aims to examine the role of Christian Religious Education teachers' role in improving students' academic performance at SMK Bhakti Insani in Bogor City. The research method used is qualitative, employing a literature study approach, observation, and interviews. To achieve academic success, students require guidance, motivation, creative teaching methods, and attention from Christian Religious Education teachers. Therefore, collaboration between teachers, schools, and parents is essential in helping students enhance their academic performance.
Keywords: Role of Teachers; Christian Religious Education; Learning Achievement
Abstrak: Guru Pendidikan Agama Kristen mempunyai tanggung jawab yang bertujuan mencerdaskan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bukanlah tugas yang mudah seorang guru dikarenakan seringkali siswa belum dapat memperoleh prestasi belajar seperti guru maupun sekolah harapkan. Menurunnya prestasi belajar siswa disebabkan karena siswa kurang mengerti penjelasan guru, metode pembelajaran yang monoton dan kurang kreatif, motivasi belajar yang rendah, lebih menghabiskan waktu bermain game, dan minimnya perhatian orang tua atau keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Bhakti Insani Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, observasi, dan wawancara. Untuk mendapatkan prestasi belajar, siswa perlu mendapatkan arahan, bimbingan, motivasi, metode pembelajaran yang kreatif, dan perhatian dari guru Pendidikan Agama Kristen. Itulah sebabnya, kerjasama antara guru, sekolah, dan orang tua dapat menolong siswa meningkatkan prestasi dalam belajar.
Guru Pendidikan Agama Kristen mempunyai tanggung jawab yang bertujuan mencerdaskan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bukanlah tugas yang mudah seorang guru dikarenakan seringkali siswa belum dapat memperoleh prestasi belajar seperti guru maupun sekolah harapkan. Menurunnya prestasi belajar siswa disebabkan karena siswa kurang mengerti penjelasan guru, metode pembelajaran yang monoton dan kurang kreatif, motivasi belajar yang rendah, lebih menghabiskan waktu bermain game, dan minimnya perhatian orang tua atau keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Bhakti Insani Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, observasi, dan wawancara. Untuk mendapatkan prestasi belajar, siswa perlu mendapatkan arahan, bimbingan, motivasi, metode pembelajaran yang kreatif, dan perhatian dari guru Pendidikan Agama Kristen. Itulah sebabnya, kerjasama antara guru, sekolah, dan orang tua dapat menolong siswa meningkatkan prestasi dalam belajar.
Quick BuyQuick BuyKeywords
Full Text:
PDFReferences
Adhielvra, Gabriela, and Asih Enggar Susanti. “Peran Guru Kristen Sebagai Pemegang Otoritas Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Dalam Pembelajaran [The Role of Christian Teachers in Exercising Authority to Improve Discipline in Learning].” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 2 (2020): 101. https://doi.org/10.19166/dil.v2i2.2220.
Azwar, Saifuddin. “Metodelogi Penelitian.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan & Praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.
Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.
Departemen Pendidikan Nasional. “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.” Undang-Undang, 2003.
“Ensiklopedia Alkitab Masa Kini.” In Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih OFM, 2000.
Esther Rela Intarti. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4, no. 1 (2021): 36–46.
Famahato Lase, dkk. Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Cerdas. yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia, 2022.
Hartono. Kamus Praktik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Haryadi, Mon. “Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” Arosukapost, 2024.
Herdiyana, Rian, Rita Lestari, and Mohamad Bahrum. “Psikologi Perkembangan Sosial Terhadap Emosional Pada Anak Usia Dini 1” 1, no. 1 (2023): 23–30.
Hilda, Erra May. “Membangun Koneksi Emosional: Pentingnya Hubungan Guru-Murid Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah 4, no. 2 (2023): 241–45.
Hughes, A G, and E H Hughes. Psikologi Pembelajaran: Teori Dan Terapan. Nuansa Cendekia, 2024.
Jupianto, Yosua, Ridolfroa S Th Manggoa, Esau Yesyurun Tang, and Marthen Mau. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Sompak Kecamatan Sompak Kabupaten Landak,” no. 1 (2024). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/jbpakk.v2i1.232 Peran.
Kaunang, Rolina Anggereany Ester. “Urgensi Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menciptakan Proses Pembelajaran Yang Efektif.” nd, n.d.
Kurniawan. “Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Remaja Tuna Runggu.” Universitas Kristen Satya Wacana, 2008.
Kurniawan, Andri, Aurora Nadia Febrianti, and Tuti Hardianti. Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya, 2022.
Lestari, Djuni. “Peran Orangtua Sebagai Pendidik Rohani Bagi Anak Dan Aplikasinya.” Repository Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta. Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta, 2008.
Morissan. Riset Kualitatif. Edited by Suraya. 1st ed. Jakarta: Prenadamedia Group, 2019.
Nainggolan, Alon Mandimpu, and Yanice Janis. “Etika Guru Agama Kristen Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Iman Naradidik.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 1, no. 2 (2020): 152–63.
Nashar, Drs. “Peranan Motivasi Dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran.” Jakarta: Delia Press, 2004.
Prastawa, Singgih, and Ana Krisnawati. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Siswa Dipasca Pandemi Covid-19 the Role of Christian Religious Education Teachers in Forming Students ’ Spiritual Character in the Post Covid-19,” 2024, 899–913.
Rahimah, Elvina. “‘Bhakti Insani Bogor: Lembaga Pendidikan Berkualitas Di Kota Hujan.’” Itopiaspaces, 2024.
Rosa, Elisa, Rangga Destian, Andy Agustian, and Wahyudin Wahyudin. “Inovasi Model Dan Strategi Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model Dan Strategi Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.” Journal of Education Research 5, no. 3 (2024): 2608–17.
Sanjaya, Agus. “Pastoral Konseling Kepada Remaja Kristen Indonesia Dalam Menghadapi Pergaulan Bebas.” Missio Ecclesiae 7, no. 1 (2018): 141–63.
SARI, SAPTA. “Literasi Media Pada Generasi Milenial Di Era Digital.” Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik 6, no. 2 (2019): 30–42.
Setiawan, E. “KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia.” Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2019, 1.
Simamora, Tohol, Edi Harapan, and Nila Kesumawati. “Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 5, no. 2 (2020): 191–205.
Sumiyatiningsih, Dien. “Mengajar Dengan Kreatif Dan Menarik.” Yogyakarta: Andi Offset, 2006.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. 5th ed. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2014.
Susanti, Lidia, and Eko Wahyu Suryaningsih. “Volume 7 | Nomor 2 | September 2022 Strategi Pembelajaran Yang Relevan Dalam Mengajarkan Soteriologi Pada Anak Sekolah Minggu Usia 6-12 Tahun” 7, no. September (2022): 147–59.
Ulimaz Almira, Brian Sebastian Salim, Ika Yuniwati, Marzuki Marzuki, Arief Syamsuddin, and Abu Bakar Tumpu. “PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAME” 7 (2024): 1962–76.
Wasari, Desi, Carolina Etnasari Anjaya, and Yonatan Alex Arifianto. “Misi Melalui Pelayanan Holistik Dalam Pendidikan Kristiani.” DIDAKTIKOS Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2022): 56–67. https://doi.org/10.32490/didaktik.v5i2.143.
Widiatna, Alexius Dwi. “Transformasi Pendidikan Calon Katekis Dan Guru Agama Katolik Di Era Digital.” JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik 20, no. 2 (2020): 66–82.
Yanto, Guntur Firman Apri, and Verry Willyam. “Penggunaan Problem Solving Melalui Pendekatan Coaching Dalam Kepemimpinan Kristen Masa Kini.” KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat 4, no. 2 (2023): 142–61.
Zainal Abidin Saleng. Kecerdasan Emosional Profesionalisme Guru Dan Prestasi Belajar Siswa, n.d.
DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v8i1.243
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yosina Hitus, Sutidjo Justus Jerzak Nakmofa

DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.
DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:
![]() ![]() ![]() ![]() | ![]() |
Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.