Peran Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas V di SDK Tongkat Harun Tesabela

Siani Listio, Wihelmina Doy

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu cara untuk membentuk generasi muda yang memiliki sikap, perilaku, dan kualitas hidup yang lebih baik. Pada penelitian ini, peneliti mengamati peran guru dalam meningkatkan minat belajar anak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di kelas V SDK Tongkat Harun Tesabela dimana  guru Pendidikan Agama Kristen kurang menerapkan strategi pembelajaran di kelas dan guru lebih aktif di kelas tanpa melibatkan siswa. Guru sudah mengetahui strategi pembelajaran yang tepat namun hanya dalam pembelajaran kebanyakan menggunakan metode ceramah saja sehingga membuat siswa menjadi bosan, malas belajar dan tidak tertarik belajar karena tidak memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya. Berdasarkan penelitian ini, peneliti dapat merumuskan masalah sebagai berikut. Bagaimana peran strategi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas V SDK Tongkat Harun Tesabela? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah triangulasi, yakni: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan data yang ada dan triangulasi untuk menguji kebenaran sebuah penelitian. Adapun objek penelitiannya adalah peserta didik kelas V SDK Tongkat Harun Tesabela. Melalui hasil penelitian, strategi pembelajaran kontekstual sangat membantu merangsang minat belajar siswa, karena pembelajaran yang menyenangkan membuat siswa belajar lebih aktif  dan antusias, serta materi yang disampaikan guru  mudah dipahami siswamelalui penerapan strategi pembelajaran kontekstual. Peneliti menyimpulkan bahwa peran strategi pembelajaran kontekstual sangat penting untuk meningkatkan minat belajar peserta didik karena guru lebih kreatif mengajar dan pembelajaran lebih menyenangkan sehingga hal ini dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

 


References


Baharuddin. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: AR-Ruzz Media, 2007.

Bangsawan Irwan P. Ratu. Minat Baca Siswa. Sumatera Selatan: Dinas Pendidikan Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, 2018.

Hasanah Aan. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2012.

Hasibuan Suryadi. Nelson Contextual Teaching Learning Sebuah Paradigma Baru Tentang Strategi Pembelajaran PAK. t.k.: Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron Jakarta, 2108.

Majid Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Mamik. Metodologi Kualitatif. Yogyakarta: Zifatama Publisher, 2015.

M A. Sadirman. Interaksi & Motivasi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Mulyasa E. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016.

——— Standar Kompetensi Dan Sertifikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Mulyasa E. dkk. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Mulyasa. Strategi Pembelajaran Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Nimpuno Bonu Hanjoyo dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. t.k.: t.p., n.d.

Nuhamara Daniel. Pembimbing Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Jurnal Info Media, 2009.

Novitasari Yuni. Bimbingan dan Konseling Belajar Akademik. Bandung: Alfabeta, 2016.

Rahmat Pupu Saeful. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2016.

R. A. Fadhallah. Wawancara . Jakarta Timur: Unj Press 2021.

Sumargo Bagus. Teknik Sampling. Jakarta Timur: Unj Press, 2020.

Salamah dan Chomaidi. Pendidikan dan Pengajaran; Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo, 2018.

Sanjaya H. Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group 2016.

Setiawan Johan dan Albi Anggito. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak, 2018.

Setyawan Aditya Dodiet dkk. Statistika, 2021.

Sukardi H. M. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Suardi Moh. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Sunarish Wiwin. Pembelajran CTL (Contextual Teach and Learning), Belajar Menulis Berita Lebih Mudah. Jawa Barat: CV. Adanu Abhimata, 2020.

Warsita Bambang. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008.

Daniel Sutoyo, “Implementasi Metode Pengajaran Tuhan Yesus Dalam Injil-Injil,” Antusias: Jurnal Teologi dan Pelayanan 1, 2011.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v8i1.235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wilhelmina Doy

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.