Teori Belajar Behavioristik dalam Meningkatkan Kemampuan Merespon Materi Perkuliahan
Abstract
The influence of behavioristic learning theory on the ability of students to respond to lecture material at the West Nias Theology Mission. There are many problems faced by lecturers in presenting learning materials for Christian Religious Education today, it is a principle that requires a variety of learning concepts. One effective way is to apply behavioristic learning theory that aims to stimulate or provide stimulants to students in terms of learning. This research uses a descriptive method. Based on the results of the research recapitulation, it was shown that the very agree and agree categories were worth 74,7%, the doubtful categories was worth 16%, and the disagreement categories was worth 9,3. Trust, it can be seen that the majority of respondents strongly agree and agree that behavioristic learning theory can influence the ability of students to respond to lecture material.
Abstrak
Artikel ini membahas tentang bagaiamn teori belajar behavioristik mempengaruhi kemampuan mahasiswa merespon materi perkuliahan di Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat. Banyak persoalan yang dihadapi oleh para dosen dalam menyampaikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen saat ini, maka merupakan hal prinsip yang memerlukan satu konsep pembelajaran yang bervariasi. Salah satu cara yang efektif adalah menerapkan teori belajar behavioristik yang bertujuan merangsang atau memberi stimulan kepada mahasiswa dalam hal belajarnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil rekapan penelitian, menunjukkan bahwa kategori sangat setuju dan setuju bernilai 74,7%, kategori ragu-ragu bernilai 16% dan kategori tidak setuju bernilai 9,3%. Dengan demikian, terlihat bahwa sebagian besar responden sangat setuju dan setuju bahwa teori belajar behavioristik dapat mempengaruhi kemampuan mahasiswa merespon materi perkuliahan.
Full Text:
PDFReferences
Dahar, Ratna Wilis, Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga, 2001.
Nasution, S., Dasar-Dasar Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Prasetya, Irawan, and Wardani Suciati. "Teori Belajar Motivasi dan Keterampilan mengajar." Pusat antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktifitas Instruksional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2000).Singarimbun, Masri, Metode Penelitian Survey. Jakarta: PT Pustaka 4 Desember Indonesia, 1984.
Suprihatiningrum, Jamil, Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2014.
Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Susanti, Lidia. "Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi." Jakarta: Alex Media Komputindo (2020).
Syamsuddin Makmun, H. Abin, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Yogyakarta: Algensindo, 2012.
DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v3i1.8
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.
DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:
Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.