Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Ilmu Pengetahuan Alkitab dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa SMTK Bethel Jakarta

Christine Maria Setiani Putri, Yuel Sumarno, Priskila Issak Benyamin

Abstract


This study aims to increase the creativity of class X students through the application of the Mind Mapping learning method at Bethel High School Jakarta. The formulation of the problem in this study is 1) whether the use of the Mind Mapping learning method can increase students' creativity in learning IPAL in the material of the Books of Wisdom and Poetry (Job, Psalms, Proverbs, Preachers, and Kidung Agung) class X SMTK Bethel Jakarta academic year 2018/2019? In this study, the researcher used the Classroom Action Research method. The population in this study were students of class X at Bethel Jakarta SMTK with a total of 22 people, this study used data collection techniques through observations and observations of teacher activities. From the research that has been done, it can be said that there is an increase in class X innovation in making a summary of IPAL learning materials through various observations, namely as follows: at the beginning, there were 77.27% of children, in the first cycle there were 100% of children and in the final condition in cycle II there are 100% of children who get a score of> 2.51 (Creative Qualification).


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas X melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping di SMTK Bethel Jakarta. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah melalui penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPAL dalam materi Kitab-kitab Hikmat dan Syair (Ayub, Mazmur, Amsal, Pengkhotbah, dan Kidung Agung) kelas X SMTK Bethel Jakarta tahun pelajaran 2018/2019? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMTK Bethel Jakarta dengan jumlah 22 orang, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui lembar pengamatan kreativitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas siswa kelas X dalam membuat rangkuman materi pembelajaran IPAL melalui lembar pengamatan kreativitas, yaitu sebagai berikut : pada kondisi awal hanya terdapat 77,27% anak, pada sirklus I terdapat 100% anak dan pada kondisi akhir di sirklus II terdapat 100% anak yang mendapatkan nilai >2,51 (Kualifikasi Kreatif).


Full Text:

PDF

References


Benyamin, Priskila Issak, Yogi Mahendra, and Donald Samuel Slamet Santosa. “Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Meta Analisis.” SOTIRIA (Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani) 3, no. 1 (2020): 25–35. http://sttpaulusmedan.ac.id/e-journal/index.php/sotiria/article/view/17.

Benyamin, Priskila Issak, Ucok P Sinaga, and Febie Yolla Gracia. “Penggunaan ‘Platform’ Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 60–68.

Darusman, Rijal. “Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp” 3, no. 2 (2014): 164–173.

Djaya, Iman Dian, Johni Hardori, and Josia Pantja Paruntung. “Kontribusi Pembelajaran Pak Terhadap Kerohanian Siswa Di Smpn 122 Jakarta Utara.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 11 (2020): 54–62.

Fauziah, Dian Nur. “PENERAPAN MODEL MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SEJARAH KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA” (2017).

Haerullah, Ade, and Said Hassan. PTK & Inovasi Guru. Edited by Eko Purnomo and Hernita Pasongli. Cetakan 1. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2021.

Manurung, Sri Hariani. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 1, no. 01 (2015).

Mestika, Intan. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPPING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V” 1 (n.d.): 104–120.

Monita, Friesta Ade, and Bambang Suharto. “IDENTIFIKASI DAN ANALISIS MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC INSTRUMENTPADA KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA” 7, no. 1 (2016).

Mudlofir, Ali, and Evi Fatimatur Rusydiyah. Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori Ke Praktik. Cetakan Ke. Depok: PT Rajagrafido Persada, 2017.

Novalis, Dede, Yuel Sumarno, Josia Pantja Paruntung, Sekolah Tinggi, and Teologi Bethel. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak” 10 (2019): 27–39.

Nurdyansyah, Nurdyansyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Pertama. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016.

Pantan, Frans. “Metafisika Pendidikan Iman Di Gereja.” Diegesis: Jurnal Teologi (n.d.).

Pramuaji, Alfiyanto, and Muhammad Munir. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Pengenalan Corel Draw Sebagai Sarana Pembelajaran Desain Grafis Di Smk Muhammadiyah 2 Klaten Utara.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 2, no. 2 (2017): 183–189.

Salman, Ibnu, Priskila Benyamin, and Wartoni Wartoni. “Monitoring Model and Evaluation of ICT Utilization in The New Normal Era in Distance Learning in Madrasah” (2021): 1–8.

Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

Sirait, Erita Dewi, and Sadrakh Sugiono. “Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Bethel Petamburan” 11 (2020): 16–31.

Wartoni, Wartoni, and Priskila Issak Benyamin. “Strategi Pengembangan Tes Objektif ( Pilihan Ganda )” (n.d.).




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v4i1.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Author

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.