Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Perilaku Phubbing pada Mahasiswa STIPAK Malang Angkatan Tahun 2018-2019

Suratni Suratni, Kristyana Kristyana

Abstract


Phubbing behavior is part of someone who is addicted to gadgets. The impact is the emergence of a sense of disregard for the people around them as well as for the environment. Allegedly because someone has low emotional intelligence then phubbing behavior can appear. The purpose of this study was to determine whether emotional intelligence can affect phubbing behavior in STIPAK, Malang students for the 2018-2019 class. The method used in this research is quantitative by using the survey method. The results showed a negative relationship which explains that when students’ emotional intelligence is high, phubbing behavior is low, and vice versa when student’s emotional intelligence is low, phubbing behavior is high.

 

Abstrak

Perilaku phubbing merupakan bagian dari dalam diri seseorang yang kecanduan akan gawai. Dampaknya adalah munculnya rasa tidak peduli terhadap orang sekitarnya juga terhadap linkungan. Diduga karena seseorang memiliki kecerdasan emosional yang rendah maka perilaku phubbing dapat muncul.  Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan kecerdasan emosional dapat mempengaruhi perilaku phubbing pada mahasiswa STIPAK Malang Angkatan 2018-2019. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang menjelaskan bahwa saat kecerdasan emosional mahasiswa tinggi maka perilaku phubbing rendah, demikian pula sebaliknya saat kecerdasan emosional mahasiswa rendah maka perilaku phubbing tinggi. 


Full Text:

PDF

References


B. Samuel Sidjabat, Strategi Pendidikan Kristen: Suatu Tinjauan Teologis-Filosofis, Yogyakarta: Penerbit Andi, 1996.

B.S. Sidjabat, Membangun Pribadi Unggul: Suatu pendekatan Teologis terhadap Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2015

Creswell, J. W. Education Research, Planningm Conducting, and Evaluating Quantitave and Qualitative Research. New Jersey USA: Pearson Education Inc, 2008.

Goleman, D. Emotional Intelligence-terjemahan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Gusniwati, M., “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk”, Jurnal Formatif, 26-4, (2015).

H.A.R. Tilaar, Pedagogik Teeoritis Untuk Indonesia, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2015.

Mayer, D. S, “Perceiving affective content in ambiguous visual stimuli: a component of emotional intelligence”, Journal of Personality Assessment, 54, 772-781. (1990).

Morissan, Metode Penelitian Survei, Jakarta: KENCANA, 2012.

Normawati, M. S. “Pengaruh Kampanye "let's disconnect to connect" Terhadap Sikap Anti Phubbing (survei pada follosers official account line starbucks Indonesia)”. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 7(3), 155-164. (2018).

Purwoto, A., Panduan Laboratorium Statistika Inferensial, Jakarta: Grasindo, 2007, 51.

Rachmi, F. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntasi”. fakultas Ekonomi. (2010).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.

Tania, L., “Bentuk Ekspresif komunikasi nonverbal dalam perilaku phubbing”, Jurnal pendidikan, (2017).

Tiara Amelia, d.. phubbing, penyebab dan dampaknya pada mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat, universitas Indonesia. Jurnal ekologi kesehatan , 122-134. (2019).

Zainal Aqip, Penjadi Guru Profesional Berstandar Nasional, Bandung: Penerbit Yrama Widya, 2009.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v2i2.66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.