Korelasi Strategi Pembelajaran Online Desain Motivasi ARCS terhadap Ketangguhan Siswa SD CHARIS pada Pelajaran Agama Kristen

Susane Ikawati, Lidia Susanti

Abstract


Grit merupakan kombinasi dari gairah (passion), ketangguhan (resilience), keteguhan hati (determination), dan fokus yang akan mendorong seseorang untuk menjadi disiplin dan optimis dalam menekuni apa yang sedang dilakukannya meskipun harus menghadapi ketidaknyamanan, penolakan, dan kemajuan yang tidak terlalu signifikan. Pembelajaran berbasis Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction (ARCS) merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti sebuah pembelajaran ataupun untuk menyelesaikan sebuah tugas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari pembelajaran dengan model motivasi ARCS terhadap tingkat grit (ketangguhan) siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan subyek penelitian siswa kelas 5 SD Kristen Charis yang berjumlah 55 siswa. Melalui uji perbedaan Independent Samples T-Test yang telah dilakukan, ada perbedaan pencapaian tingkat grit yang signifikan (Sig. (2-tailed) = 0,007) antara kelompok kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan desain model motivasi ARCS dan kelompok kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan desain model motivasi ARCS dengan nilai t(30) = 2,808. Kelompok kelas eksperimen mengalami peningkatan level grit lebih tinggi dibandingkan kelompok kelas kontrol. Melalui penelitian ini didapatkan bahwa strategi pembelajaran dengan model motivasi ARCS memperkuat strategi pembelajaran yang selama ini telah digunakan di SD Kristen Charis.

Full Text:

PDF

References


Alhassan, R. “The Effect of Project-Based Learning and the ARCS Motivational Model on Students Achievement and Motivation to Acquire Database Program Skills.” Journal of Education and Practice 5, no. 21 (2014).

Angelkovski, Robert. “Resilience in Children: Educational Significance.” Journal of Student Engagement: Education Matters 6, no. 1 (2016).

Baharudin. “Keefektifan Pendekatan ARCS Untuk Internalisasi Nilai-Nilai Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar.” UNY, 2009.

Bowles, S, and H Gintis. Schooling in Capitalist America Educational Reform and the Contradictions of Economic Life. New York: NY Basic Books, 1976.

Center, Rock, and Brian Williams. “True Grit: Is It Important to Fail? [Television Broadcast].” New York: NBC News, 2012. http://www.nbcnews.com/id/21134540/vp/49202614#49202614.

Chyung, S Y. “Systematic and Systemic Approaches to Reducing Attrition Rates in Online Higher Education.” American Journal of Distance Education 15, no. 3 (2001): 36–49.

Duckworth, Angela. Grit: Passion, Perseverance, and the Science of Success. Collins, 2016.

Duckworth, Angela, Christopher Peterson, Michael D. Matthews, and Dennis R. Kelly. “Grit: Perseverance and Passion for Long-Term Goals.” Journal of personality and social psychology 92, no. 10.1037/0022-3514.92.6.1087 (2007): 1087–1101.

Durlak, J A, R P Weissberg, A B Dymnicki, R D Taylor, and K B Schellinger. “The Impact of Enhancing Students’ Social and Emotional Learning: A Meta-Analysis of School-Based Universal Interventions.” Child Development 82 (2011): 405–432.

Gabrielle, D M. “The Effects f Technology-Mediated Instructional Strategies on Motivation, Performance, and Self-Directed Learning.” Electronic: U.S. Military Academy Center for Teaching Excellence (2003).

Hernandez-Martinez, Paul, and Julian Williams. “Against the Odds: Resilience in Mathematics Students in Transition.” British Educational Research Journal 39, no. 1 (2013).

Keller, J M. Motivational Design for Learning and Performance: The {ARCS} Model Approach. New York, NY: Springer, 2010.

Keller, John M. “Development and Use of the {ARCS} Model of Instructional Design.” Journal of instructional development 10, no. 3 (1987): 2–10.

———. “First Principles of Motivation to Learn and E3-Learning.” Distance Education 29, no. 2 (2008): 175–186.

———. Motivational Design for Learning and Performance: The {ARCS} Model Approach. Springer Science and Business Media, 2009.

———. Motivational Design of Instruction. In C.M. Riegeluth (Ed.). Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum, 1983.

Lipman, J. Why Tough Teachers Get Good Results. Wall Street Journal. Wall Street Journal, 2013. http://www.wsj.com/articles/SB1000142405270230421390457909530336.

Means, T, D Jonassen, and F Dwyer. “Enhancing Relevance: Embedded ARCS Strategies vs. Purpose.” Educational Technology Research and Development 45 (1997): 5–17.

Noviarni, Sri. “Menumbuhkan Daya Juang Anak.” Koransindo (2015).

Raviando, Ajeng. “Jadikan Si Kecil Tangguh Siap Hadapi Masa Depan,” 2019. https://www.nutriclub.co.id/kategori/balita/aktivitas-edukasi/jadikan-si-kecil-tangguh-siap-hadapi-masa-depan/.

Schunk, Latin, Roman Schonk, Christopher Peterson, D Matthews, Michael, and R Dennis Kelly. The Schunk 2014. Gramedia, 2014.

Sidjabat B., S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup, 1993.

Singarimbun. Metode Penelitian Survei (Edisi Revisi. Cetakan Ke-2 Ed.). PT Pustaka LP3ES, 1995.

Sutoyo, Daniel. “Yesus Sebagai Guru Agung.” Jurnal Antusias 3, no. 5 (2014): 64–85.

Swindoll, Charles R. Joseph: A Man of Integrity and Forgiveness. Bandung: Cipta Olah Pustaka, 2008.

Tough, Paul. How Children Succeed: Grit, Curiosity, and the Hidden Power of Character. New York: Houghton Mifflin Harcourt, 2012.

Wechsler, D. The Measure of Adult Intelligence. Baltimore, MD: Williams and Wilkins, Co, 1939.

Winaya, I Made A, I Wayan Lasmawan, and Nyoman Dantes. “PENGARUH MODEL {ARCS} TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD CHIS DENPASAR.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 3, no. 1 (2013).




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v4i1.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.