Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Afektif Mata Pelajaran Bible Siswa Kelas 4 SD Kristen Charis, Tahun Ajaran 2019/2020

Diana Meita Zain, Tri Viftin Ludji

Abstract


Teacher pedagogical competence is a teacher's ability to guide and direct students to learn. The Teacher's pedagogical competence greatly influences student learning outcomes. This study aims to determine how much influence the pedagogical competence of teachers has on affective learning outcomes in Bible subjects, in grade 4 Christian Elementary School Charis 2019/2020. The design of this study used correlational quantitative research methods with 42 research subjects of grade 4 SD Kristen Charis. In the simple linear regression test, the result was 37.7%. While the results of hypothesis testing are proven by the value of t count 4,918 > t table (2.00), it can be concluded that H0 is rejected (H1 is accepted) or in other words, there is an effect of teacher pedagogical competence on affective learning outcomes in Bible subjects in grade 4 Christian elementary schools Charis, which is 37.7% which is shown by the simple Linear Regression Test as seen from the coefficient of determination R-Square.

 

Abstrak

Kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan guru dalam membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk belajar. Kompetensi pedagogik guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar afektif mata pelajaran Bible di kelas 4 sekolah dasar Kristen Charis 2019/2020. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasio-nal dengan subyek penelitian 42 peserta didik kelas 4 SD Kristen Charis. Dalam uji regresi linier sederhana diperoleh hasil 37,7%. Sedangkan hasil pengujian hipotesis dibuktikan dengan nilai thitung 4,918 > ttabel (2,00), maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak (H1 diterima) atau dengan kata lain terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar afektif mata pelajaran Bible di kelas 4 sekolah dasar Kristen Charis, yaitu sebesar 37,7% yang ditunjukkan oleh Uji Regresi Linier sederhana yang terlihat dari koefisien determinasi R-Square


Full Text:

PDF

References


Bavinck, Herman. Dogmatika Reformed : Prolegomena. Surabaya: Momentum, 2011.

Dewi, Luh Retiantari, Naswan Suharsono, and Iyus Akhmad Haris. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 4 Singaraja.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 4, no. 1 (2014).

Habibullah, Achmad. “Kompetensi Pedagogik Guru.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 10, no. 3 (2012).

Harjanto, Sutrisna. “Visi Pendidikan Berdasarkan Konsep Panggilan: Upaya Menemukan Arah Yang Menyatukan Pendidikan Kristen Di Berbagai Konteks.” Indonesian Journal of Theology 7, no. 1 (2019): 46–71.

Hutapea, Rinto Hasiholan. “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 1, no. 1 (2019): 18–30.

K, Ranjamandi. Pengaruh Prilaku Belajar Alkitab Terhadap Hasil Belajar Afektif Mata Pelajaran Bible Di Kelas 4 Sekolah Dasar Kristen Charis. Malang: Skripsi STIPAK Duta Harapan, 2018.

M.R, Payong. Sertivikasi Profesi Guru (Konsep Dasar, Problematika, Dan Implementasinya). Jakarta: Pt. Indeks, 2011.

M, Fauzi. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2016.

Novianti, Shanti Dewi, and Endang Supardi. “Kompetensi Pedagogik Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 4, no. 1 (2019): 107–115.

Nurhidayati, Aryanti, and Ernawati Sri Sunarsih. “Peningkatan Hasil Belajar Ranah Afektif Melalui Pembelajaran Model Motivasional.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan 6, no. 2 (2013).

Pujiastuti, Eko, Tri Joko Raharjo, and A Tri Widodo. “Kompetensi Profesional, Pedagogik Guru IPA, Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran, Dan Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar IPA Di SMP/MTs Kota Banjarbaru.” Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 1, no. 1 (2012).

Riandhana, Taufiq Eka. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Pembelajaran IPS Di SMP Negeri Kota Palu.” Katalogis 4, no. 1 (2016).

Santri, Nurwaida Faal. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Di Watampone.” Jurnal Biotek 5, no. 1 (2017): 240–255.

Sanusi. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 78–95.

Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Suhandani, Deni, and Julia Julia. “Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik).” Mimbar Sekolah Dasar 1, no. 2 (2014): 128–141.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v2i2.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.