Memotivasi Mahasiswa Melakukan Penginjilan Anak melalui Pendidikan Agama Kristen

Jovan Octo Tamelab, Kristyana Kristyana

Abstract


Every person who has faith in Jesus Christ is responsible for evangelizing. This is according to what is written in Matthew 28:19 and Mark 16:15. No exception for Christian Religious Education teachers who also have the responsibility of guiding and encouraging every student to experience an encounter with Jesus Christ. Thus, Stipak students as prospective Christian Religious Education teachers should have an understanding that evangelism is not only during college but a lifelong responsibility. This study focuses on the effectiveness of Christian Religious Education learning obtained by students in motivating evangelism to children. The research methodology used is qualitative research methods. While the data were obtained through observation, interview, and documentation techniques on the object of research, namely Stipak students who took Christian Religious Education Learning courses. From the research that has been done, it is found that students are motivated to do evangelism. The environment where students do activities is the driving force in evangelizing. These environments are family, campus / Stipak, Transformation, and church. With the existence of Christian Child Education learning students not only understand evangelism to children but also understand the importance of caring for children through the proper teaching of Jesus Christ to them.

 

Abstrak

Setiap orang beriman pada Yesus Kristus bertanggung jawab untuk melakukan penginjilan. Hal ini sesuai dengan yang tertulis dalam Matius 28:19 dan Markus 16:15. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Anak yang diperoleh di Stipak dapat memotivasi mahasiswa untuk melakukan penginjilan anak. Metode penelitian yang dipergunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi pada obyek penelitian yaitu mahasiswa STIPAK yang mengikuti mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Anak termotivasi untuk melakukan penginjilan pada anak-anak.

 

Keywords


children evangelism; Christian education; student motivating; memotivasi mahasiswa; pendidikan kristiani; penginjilan anak

Full Text:

PDF

References


Ansanay, F. 2019. Hubungan Tanggung Jawab Penginjilan dan Kreativitas Belajar Firman Tuhan dengan Kinerja Pelayanan. JDP Volume 12, Nomor 2, Juli 2019: 125-143, 125-143.

Badaruddin, A. 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Jakarta Pusat. Cv. Abe Kreatifindo.

Center, T. B. 2019. Ringkasan Hasil Temuan Survei-Memuridkan & Amanat Agung. Tim Bilangan Research Center (hal. 2-26). Jakarta Utara: Tim Bilangan Research Center.

Creswell, J. W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset-Memilih di antara Lima Pendekatan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Daulae, T. H. 2014. Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif. Forum Paedagogik Vol. 06, No.02 Juli 2014: 134-150.

Dedi S, R., Hendrayana, A. S., Erisyani, E., & Setiana, N. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 PGSD Masukan Sarjana di UPBJJ Ut Bandung. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar | ISSN 2085-1243 Vol. 8. No.2 Juli 2016 | Hal 163-177: 163-177.

Douglas, D. d. 2011. Ensiklopedia Alkitab masa kini. Jakarta. Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Ellis, D. 2005. Metode Penginjilan. Jakarta. Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Fahyuni, E. F., & Nurdyansah. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo. Nizamia Learning Center.Fakhrurrazi. 2018. Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir Vol. XI No. 1 Juni 2018: 85-99.

Groome, T. H. 2011. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta. Gunung Mulia.

Haidir, & Salim. 2014. Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif). Medan. Perdana Publishing.

Halim, M. 2003. Model-model Penginjilan Yesus. Malang. Penerbit Gandum Mas.

Hamzah, A. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Batu. Literasi Nusantara.

Harianto, G. 2006. Mission for City. Bandung. Agiamedia.

Harming. 2017. Metode Penginjilan Yesus dalam Injil Yohanes 4:1-42 . Evangelikal, Volume 1, Nomor 2, Juli 2017: 162-169.

Inah, E. N. 2015. Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember, 150-167.

Indriati, L. Y. 2014. Pendidikan Agama Kristen. Malang. Universitas Brawijaya, Malang.

Konaniah, A. 2002. Sekolah Teologi dan Gerakan Penginjilan. VERITAS 3/2 (Oktober 2002) 217-223: 217-223.

Kyriacou, C. 2011. Effective Teaching (Teory and Practice). Bandung. Penerbit Nusa Media.

Manurung, M. 2005. Penginjilan di Tengah Masyarakat Majemuk: "Tantangan dan Solusinya". Skripsi-Sekolah Tinggi Teologia Ekklesia Jakarta (Mei 2005): 1-81.

Mendari, A. S., & Kewal, S. S. 2015. Motivasi Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XIII, No.2, Tahun 2015: 1-13.

Nainggolan, J. 2008. Strategi Pendidikan Agama Kristen. Jabar. Generasi Info Media.

Nuhamara, D. 2009. Pembimbing PAK. Jawa Barat. Jurnal Info Media.

Packer, J. 2009. Evangelism And The Sovereignty Of God. Surabaya. Momentum.

Pramana, Y. D. Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Terhadap Prestasi. Universitas Negeri Yogyakarta. UNY, Yogyakarta.

Rohmawati, A. 2015. Evektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 9 Edisi 1, April 2015: 15-32.

Setyosari, P. 2014. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2014: 20-30.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan-Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung. Alfabet, cv.

Tanhidy, J. 2017. Praktik Metode Penginjilan pada Mata Kuliah Metode Penginjilan STT Simpson Ungaran. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat: 49-54.

Tomatala, Y. 1997. Penginjilan Masa Kini. Malang. Yayasan Penerbit Gandum Mas.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v4i1.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.