Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi pada Pelajaran Etika Kristen terhadap Karakter Mahasiswa

Yusak Malo, Lidia Susanti

Abstract


Ethics is a teaching standard regarding the rules that must be upheld so that it has a big impact on the development of one's behavior or actions in everyday life. Character is a value that must be possessed by a person and from that value becomes one's standard of judging what is right to do. One of the problems related to ethics and character is sexual relations that lead to or result in pregnancy. The teaching of Christian ethics and character (especially sex education) needs to be taught attractively according to the cognitive abilities of students from Sumba. The purpose of this study was to determine the effect of the discussion learning method on the Christian Ethics of Sex Education on the character of students in Sumba in Malang. The research used in this research is a quantitative experimental research type. This experimental research, in the form of a Quasi-experiment design. This type of research cannot control the condition of the independent variables using treatment measures. The correlation value of 0.441 shows that there is a positive and strong relationship between Christian ethics and Christian character and the significance (Sig. 2-tailed) of Christian ethics with Christian characters is as large as 0.004.

Abstrak

Etika merupakan standar pengajaran mengenai aturan-aturan yang harus ditegakkan, sehingga mempunyai dampak yang besar bagi perkembangan perilaku atau tindakan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Karakter merupakan suatu nilai yang harus dimiliki oleh seseorang dan dari nilai tersebut menjadi standar seseorang menilai apa yang benar untuk dilakukan. Salah masalah yang berhubungan dengan etika dan karakter ialah hubungan seks yang berujung atau berakibat pada kehamilan. Pengajaran etika Kristen dan karakter (terkhususnya pendidikan seks) perlu diajarkan dengan menarik sesuai dengan kemampuan kognitif mahasiswa asal Sumba. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran diskusi pada pelajaran Etika Kristen Pendidikan Seks terhadap karakter mahasiswa Sumba di Malang. Penelitian yang diguna-kan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian eksperimen ini, dalam bentuk Quasi eskperiment design. Jenis penelitian yang tidak dapat mengontrol kondisi variabel independen yang menggunakan tindakan perlakuan. Nilai korelasi 0,441 angka ini menunjukan bahwa adanya hubungan positif dan kuat antara etika Kristen dengan karakter Kristen serta didapatkan signifikansi (Sig. 2-tailed) etika Kristen dengan karakter Kristen sebebsar 0,004.




Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konteksual: Konsep, Landasan dan Impelementasinya pada Kurikuum 2013, Jakarta: Kencana, 2017.

Austin, V. L. Christian Ethics: A Guide for the Perplexed, London: Bloomsbury Publishing, 2012.

Darmadi, H. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2017.

Geisler, N. L. Etika Kristen: Pilihan dan Isu Kontemporer, Malang: Literatur SAAT, 2015.

Hartono, Handreas. “Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 2, no. 1 (2014): 62–69. www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios

Keraf, A. S. Etika Lingkungan Hidup, Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2010.

Lickona, Thomas. Character Matters Persoalan Karakter: Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilian Yang Baik, Integritas, Dan Kebajikan Penting Lainnya, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Nihayatul, S. D. Filsafat, Etika, dan Kearifan Lokal Untuk Konstruksi Moral Kebangsaan, Jakarta: Geneva, 2013.

Pratama, Egy Sri Hayati dan Eva Supriatin, “Hubungan Pengetahuan Remaja Tentang Pendidikan Seks Dengan Perilaku Seks Pranikah Pada Remaja Di Sma Z Kota Bandung”, Jurnal Ilmu Keperawatan, Vol. 1 No. 2, Summer 2014.

Ryan, Kevin dan Bohlin E. Karen. Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life, San Francisco: JOSSEY-BASS A Wiley Imprint, 1999.

Stevanus, K. “Tujuh Kebajikan Utama Untuk Membangun Karakter Kristiani Anak”. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, Vol. 1 No. 2, Summer 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Telaumbanua, A. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa”. Jurnal Fidei, Vol. 1 No. 2, Summer 2018.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v3i2.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.