Aktualisasi Manajemen Kreativitas Guru Sekolah Minggu di Masa Pandemi Covid-19

Daniel Supriyadi

Abstract


During the current covid-19 pandemic, the implementation of worship activities is very limited. One of the worship programs as a means of church education that has a very strong impact is Sunday School. Where currently Sunday school activities are very limited because children are encouraged to reduce direct interaction. So that the lessons that are carried out can only be done online. Therefore, the purpose of writing this article is to describe the role of Sunday school teachers so that they are maximized in teaching. Through the descriptive qualitative method, it can be concluded that the Actualization of the Creative Management of Sunday School Teachers in the Pandemic Mass. First, all parties understand that Sunday school service during the Covid-19 Pandemic is a challenge that must be resolved by all parties. Both Sunday school teachers understand and understand the nature of Creative Sunday school teachers. Because creativity has a very positive impact on children's spiritual and cognitive. So that it is necessary to actualize the management of Sunday School Teacher Creativity, namely: displaying video images, games, and quizzes will make children clearer and understand better what the Sunday school teacher conveys.


Abstrak

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, pelaksanaan kegiatan-kegiatan ibadah sangat dibatasi. Salah satu program ibadah sebagai sarana pendidikan gereja yang sangat terasa dampaknya adalah Sekolah Minggu. Dimana saat ini kegiatan sekolah Minggu sangat terbatas, karena anak-anak dihimbau untuk mengurangi interaksi secara langsung. Sehingga pengajaran-pengajaran yang dilaksankan hanya bisa dilakukan secara daring. Oleh sebab itu tujuan penulisan dalam artikel ini dapat mendeskripsikan peran guru sekolah minggu supaya maksimal dalam mengajar. Melalui metode kualitatif deskriptif dapat disimpilkan bahwa Aktualisasi Manajement Kreatifitas Guru Sekolah Minggu di Massa Pandemi bahwa. Pertama semua pihak mengerti dalam pelayanan sekolah Minggu di Masa Pandemi Covid-19 merupakan tantangan yang harus diselesaikan oleh semua pihak. Kedua para guru sekolah minggu mengerti dan memahami  hakikat Guru sekolah minggu yang Berkreatifitas. Sebab kreatifitas sangat berdampak positif bagi kerohanian anak dan kognitif. Sehingga diperlukan aktualisasi management Kreatifitas Guru Sekolah Minggu yaitu: tampilan gambar video, permainan, serta kuis akan membuat anak-anak menjadi lebih jelas dan paham dengan baik tentang materi apa yang disampaikan oleh guru sekolah minggu.



Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ramli. “Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.” Lantanida Journal 4, no. 1 (2017): 35–49.

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” Regula Fidei Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020).

Astika, Made, and Selvianty Sari Bunga. “Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kristen Terhadap Perkembangan Karakter Siswa: Tantangan Pendidikan Kristen Dalam Mencerdaskan Youth Generation.” Jurnal Jaffray 14, no. 1 (2016): 63–76.

Choi, Chi Hyun, John Tampil Purba, Niko Sudibjo, and Rudy Pramono. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Manajemen Sekolah Minggu Korea Di Indonesia Untuk Pengintegrasian Pembelajaran Iman [the Impact of the Covid-19 Pandemic on the Management of Faith-Learning Integration of Korean Sunday School in Indonesia].” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 5, no. 1 (2021): 61. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.2794.

Dwiraharjo, Susanto. “Konstruksi Teologis Gereja Digital: Sebuah Refleksi Biblis Ibadah Online Di Masa Pandemi Covid-19.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani 4, no. 2 (2020): 154–69. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v4i1.145.

Hanafi, Ahmat, Nurul Ulfatin, and Wildan Zulkarnain. “Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Broadcasting Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik.” JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (2020): 52–60.

Homrighausen, E.G, and I.H Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.

Hutagalung, Remita Ully. “Upaya Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Minggu Tentang Virus Corona Di Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Pengabdian Barelang 3, no. 01 (2021): 29. https://doi.org/10.33884/jpb.v3i01.2713.

Karnawati, Karnawati, and Mardiharto Mardiharto. “Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid 19: Kendala, Solusi, Proyeksi.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 13. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.291.

Kunandar. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Divisi Buku Perguruan Tinggi, RajaGrafindo Persada, 2007.

Kusuma, Wening Sekar, and Panggung Sutapa. “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 1635–43. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940.

Mary, Eirene, and I Putu Ayub Darmawan. “Guru Agama Kristen Yang Profesional.” Salatiga: Satya Wacana University Press, 2018.

Parhusip, Akdel, Merry G Panjaitan, and Maya Dewi Hasugian. “Peran Manajemen Dalam Mengembangkan Pelayanan Di Gereja Pentakosta Indonesia Sidang Perumnas Martubung, Medan.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani 4, no. 1 (2020): 44–56.

Santo, Joseph Christ, and Yonatan Alex Arifianto. “Kajian Teologis 1 Petrus 5: 7 Tentang Perlindungan Allah Terhadap Orang Percaya Di Tengah Pandemi Covid-19.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 4, no. 1 (2021): 1–15.

Sari, Dwi Novita. “Modifikasi Layanan Sekolah Minggu Sebagai Wujud Gereja Ramah Anak Di Masa Pandemi.” PROSIDING STT Sumatera Utara 1, no. 1 (2021): 43–52.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2017.

Supriadi, Dudun. “Implementasi Manajemen Inovasi Dan Kreatifitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran.” Indonesian Journal of Education Management and Administration Review 1, no. 2 (2017): 125–32.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (2021): 109–26.

Wajabula, Christina Martha, I Nyoman Sudana Degeng, and Dedi Kuswandi. “Kontribusi Metode Bermain Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Anak Sekolah Minggu.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 5, no. 1 (2021): 27–36.

Wilson, Douglas. The Case for Classical Christian Education. Crossway, 2002.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v4i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.