Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter melalui Ritual Latal

Leryani Mince Maria Manuain, Seyansye Marfreda Wasyati Lasibey

Abstract


This study aims to determine the values of character education in Latal rituals in North Langkuru village. To Answer the research objectives, the author uses qualitative methods with in-depth interviews, observation, and documentation. With this method, it is found that there are character education values in Latal rituals in North Langkuru Village. The values contained in Latal rituals are the value of cooperation, solidarity, mutual respect, religion, responsibility in ritual implementation, obedience, sincerity in carrying out rituals, fair and square in distributing land. The inclusion of character values in the ritual appears in the life of the north Lengkuru Village community and is willing to sacrifice, loyal friends, obedient, sincere, fair, and square.

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ter-kandung dalam ritual latal di desa Langkuru Utara yang masih dianggap relevan dengn kehidupan masyarakat saat ini, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendidikan karakter. Untuk menjawab tujuan penelitian penulis menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawan-cara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dengan metode tersebut ditemukan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam ritual Latal di desa Langkuru Utara. Nilai-nilai yang terka-dung dalam ritual Latal yaitu nilai gotong royong, solidaritas, saling menghormati, religius, ber-tanggung jawab dalam pelaksanaan ritual, kepatuhan, ketulusan dalam hal menjalankan ritual, jujur dan adil dalam pembagian lahan. Tertananmnya nilai-nilai karakter dalam ritual tersebut nampak pada kehidupan masyarakat desa Langkuru dalam budaya tolong-menolong, saling menghargai dan menghormati, kerja keras dan rela berkorban, setia kawan, kepatuhan dan ketulusan, jujur dan adil.

 

 


Keywords


character education; education value; Latal ritual; nilai pendidikan; pendidikan karakter; ritual Latal

Full Text:

PDF

References


Agustina, Nia, and Santri Salam. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT DI DESA MADE KECAMATAN KUDU KABUPATEN JOMBANG” (n.d.).

Axiaverona, Reizya Gesleoda; RB. Soemanto. “NILAI SOSIAL BUDAYA DALAM UPACARA ADAT TETAKEN (Studi Deskriptif Upacara Adat Tetaken Di Desa Mantren, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan.” Last modified 2018. Accessed January 14, 2020. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:Qi4NLfP3mpsJ:https://jurnal.uns.ac.id/jodasc/article/download/20732/pdf+&cd=14&hl=id&ct=clnk&gl=id.

Fauzan, Rikza, and Nashar Nashar. “‘Mempertahankan Tradisi, Melestarikan Budaya’ (Kajian Historis Dan Nilai Budaya Lokal Kesenian Terebang Gede Di Kota Serang).” Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah 3, no. 1 (May 30, 2017): 1.

Humaeni, Ayatullah. RITUAL, KEPERCAYAAN LOKAL DAN IDENTITAS BUDAYA MASYARAKAT CIOMAS BANTEN. Vol. 17, 2015.

Ketut Sudarsana, I. MEMBENTUK KARAKTER ANAK SEBAGAI GENERASI PENERUS BANGSA MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, n.d.

Malik, Abdul; Aris Dwi Nugroho. “MENUJU PARADIGMA PENELITIAN SOSIOLOGI YANG INTEGRATIF .” Last modified 2016. Accessed January 14, 2020. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BrdZ9YdBUXoJ:https://media.neliti.com/media/publications/131730-ID-menuju-paradigma-penelitian-sosiologi-ya.pdf+&cd=30&hl=id&ct=clnk&gl=id.

Muliani, Ardella. “BAB III METODOLOGI PENELITIAN.” Last modified 2017. Accessed January 15, 2020. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:hGwf5udQcDYJ:kc.umn.ac.id/2690/4/BAB%2520III.pdf+&cd=11&hl=id&ct=clnk&gl=id.

Nahak, Hildgardis M.I. “UPAYA MELESTARIKAN BUDAYA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI.” Jurnal Sosiologi Nusantara 5, no. 1 (June 25, 2019): 65–76.

Samuel Lasibey. Wawancara, n.d.

Setyaningrum, Naomi Diah Budi. “BUDAYA LOKAL DI ERA GLOBAL.” Last modified 2018. Accessed January 14, 2020. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:3uO2ltY1mcQJ:https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/article/download/392/290+&cd=21&hl=id&ct=clnk&gl=id.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Suhartini, B. Perspektif Global. Yogyakarta: FIK UNY Press, 2010.

Tari, Ezra. Teologi Tongkonan: Berteologi Dalam Konteks Budaya Toraja. Vol. 2, 2018. http://www.stttorsina.ac.id/jurnal/index.php/epigraphe.

Zuchidi, Darmiyati; Marzuki. Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Komprehensif. Yogyakarta: UNY Pess, 2010.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v3i2.41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.