Landasan Teologis Pendidikan Kristen dalam Perjanjian Baru dan Relevansinya bagi Pendidikan Kristen Masa Kini
Abstract
Christian education, which is the implementation of the mandate of the 1945 Constitution, and the National Education System Law, has a strong theological foundation in the New Testament. This study aims to present the theological foundation of Christian education in the New Testament to be implemented in Christian education today. This study uses the literature method with a descriptive qualitative approach, where the researcher tries to answer the research problem by looking for literature sources that correlate with the research problem. These sources are textbooks, both physical books and e-books, and journals. The conclusion of this study is that there is a strong theological foundation in the New Testament, including in the example of the Lord Jesus the Great Teacher, in the practice of the apostle Paul's ministry and the life of the early church with a focus on education to shape character. This is relevant to be applied in Christian education today to become Christ-centric education, education as an agent of the Great mandate, a contextual Christian education approach that aims as a medium for the formation of Christ's character.
Abstrak
Pendidikan Kristen yang merupakan pelaksanaan amanat Undang-Undang Dasar 1945 dan UU Sisdiknas memiliki landasan teologis yang kuat dalam Perjanjian Baru. Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan landasan teologis pendidikan Kristen dalam Perjanjian Baru untuk diimplementasikan pada pendidikan Kristen masa kini. Penelitian ini menggunakan metode pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana peneliti berusaha menjawab permasalahan penelitian dengan mencari sumber-sumber literatur yang berkorelasi dengan masalah penelitian. Sumber-sumber tersebut adalah buku teks, baik buku fisik maupun e-books, dan jurnal. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat landasan teologis yang kuat dalam perjanjian Baru diantaranya terdapat dalam teladan Tuhan Yesus Sang Guru Agung, dalam praktik pelayanan rasul Paulus dan kehidupan jemaat mula-mula dengan fokus pendidikan untuk membentuk karakter. Hal tersebut relevan untuk diterapkan dalam pendidikan Kristen masa kini menjadi pendidikan yang Kristusentris, pendidikan sebagai agen amanat Agung, pendekatan pendidikan Kristen yang kontekstual yang bermuara sebagai media pembentukan Karakter Kristus
Full Text:
PDFReferences
Agung, Imanuel, and Made Astika. “Penerapan Metode Mengajar Yesus Menurut Injil Sinoptik Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Di SMA Gamaliel Makassar.” Jurnal Jaffray 9, no. 2 (2011): 147.
Andriani, Sarah. “Refleksi Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Misionaris Di Dalam Pendidikan.” Jurnal Antusias: Jurnal Teologi dan Pelayanan (2013).
Anthony, Michael J. Introducing Christian Education Fondasi Pendidikan Abad 21. Cetakan ke. Malang: Penerbit Gandum Mas, 2017.
Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” Regula Fidei Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020).
Arifianto, Yonatan Alex, and Asih sumiwi Rachmani. “Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13.” Jurnal Diegesis 3, no. 1 (2020): 1–12.
Arifianto, Yonatan Alex, Reni Triposa, and Paulus Karaeng Lembongan. “Bible Study of Mission and Discipleship in the Great Commission and Its Implications for Today’s Christian Life.” DIEGESIS Jurnal Teologi 5, no. 25–42 (2020).
Belo, Yosia. “Buah Roh Dalam Galatia 5:22-23 Dan Penerapannya Bagi Pendidikan Agama Kristen.” JURNAL LUXNOS 6, no. 2 (2020): 89–95.
Berkhof, Louis, and Chornelius Van Til. Foundation of Christian Education. Terjemahan. Surabaya: Momentum, 2010.
Bilo, Dyulius Thomas. “KORELASI LANDASAN TEOLOGIS DAN FILOSOFIS DALAM PENGEMBANGAN PRINSIP DAN PRAKSIS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.” Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 3, no. 1 (2020): 1–22.
Boice, James Montgomery. Dasar-Dasar Iman Kristen (Foundations of Christian Faith). Edited by Solomon Yo. Cetakan Ke. Surabaya: Penerbit Momentum (Momentum Christian Literature), 2015.
Budiyana, Hardi. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. Cetakan ke. Surakarta: STT Berita Hidup, 2017.
———. Pendidikan Orang Dewasa. Cetakan ke. Surakarta: STT Berita Hidup, 2018.
———. “Roh Kudus Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kristen Mewujudkan Pengajaran Kristen Yang Mengandung Nilai Kekal.” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, no. 1 (2018).
Budyana, Hardi. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. surakarta: STT Berita Hidup, 2011.
Chan, Simon. Spiritual Theology Studi Sistematis Tentang Kehidupan Kristen 1. Cetakan ke. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2006.
Darmawan, I., P. “Pendidikan Kristen Era Postmodern.” Jurnal Simpson: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen (2014).
Donald Guthrie, Alec Motyer, Alan M. Stibbs, dan Donald J. Wiseman. Tafsiran Alkitab Masa Kini 3. Jakarta: : Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2006.
Dwiraharjo, Susanto. “Kajian Eksegetikal Amanat Agung Menurut Matius 28 : 18-20.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 2 (2019): 56–73. http://sttbaptisjkt.ac.id/e-journal/index.php/graciadeo.
Gea, Y I. “Korelasi Beban Menginjili Dan Kualitas Pengajaran Guru PAK Terhadap Pelaksanaan Amanat Penginjilan Di Lingkungan Sekolah SMTK Nisel.” ERESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen (2020).
Hakh, Samuel Benyamin. Perjanjian Baru: Sejarah, Pengantar, Dan Pokok-Pokok Teologisnya. Cetakan-1. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.
Horne, Herman H. Teaching Techniques of Jesus. (Oklahoma City: : Publisher Name Includes, 2014.
Ismail, Andar. Seri Selamat “Selamat Mengikut Yesus.” (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2005.
L.D. Haskew, J.C. McLendon. This Is Teaching,. USA: Scoot, Foresman and Company, 1996.
Maldonado, Guillermo. Diciptakan Untuk Suatu Tujuan. Cetakan Ke. Jakarta: Ligt Publishing, 2020.
Nainggolan, B. “KONSEP AMANAT AGUNG BERDASARKAN MATIUS 28:18–20 DALAM MISI.” Jurnal Koinonia (2014).
Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.
Rumante, Simon. “Teologi Biblika Perjanjian Baru Tentang Hakim Yang Akan Datang: Kajian Tentang Eskatologi Dalam Perjanjian Baru Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah.” Jurnal Jaffray 9, no. 1 (2011): 188.
Siburian, Togardo. “Perspektif Kristologis Mengenai ‘Yesus Guru Agung.’” Jurnal Teologi Stulos 2, no. Juli (2018): 179–206.
Simanjuntak, Ramses. “Dampak Keteladanan Yesus Sebagai Guru Agung Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Kini.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 4, no. 2 (2016): 29–40.
Sitompul, S R. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pionir (2020).
Situmorang, Jonar. “MODEL MISI PERKOTAAN RASUL PAULUS DI KORINTUS.” Missio Ecclesiae 7, no. 2 (2018): 188–228.
Tamara, Yesi, Angel Christie Pakasi, Desserly Krismawati Wesly, and Edi Sujoko. “Profesionalitas Yesus Sang Guru Agung Dalam Penggunaan Media Pembelajaran.” Didaché: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 65–76.
Tarumingi, Denny A. “Pendidikan Agama Kristen Sebagai Panggilan Kerasulan.” Educatio Christi 1, no. 1 (2020): 9–16.
Tomatala, Yakob. Penginjilan Masa Kini 1. Malang: gandum mas, 2004.
Tristyanto, Juddi Wahju. “Aktualisasi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Kerusso 1, no. 1 (2017).
Unwanullah, Arif. “Industrialisasi Dan Tantangannya Pada Sektor Pendidikan.” Jurnal Economia 11, no. 2 (2015): 107.
Usmany, J. “Spiritualitas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Teori Perkembangan Kepercayaan Fowler Dan Teori Perkembangan Moral Kohlberg: Penafsiran Perspektif Al ….” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen (2018).
Warasi, Y. “Meningkatkan Minat Belajar Terhadap Pendidikan Agama Kristen Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 ….” DIDAKTIK (2016).
Widjaja, Fransiskus Irwan, Daniel Ginting, and Sabar Manahan Hutagalung. “Teologi Misi Sebagai Teologi Amanat Agung.” THRONOS: Jurnal Teologi Kristen 1, no. 1 (2019): 17–24.
Wijaya, A. “MODEL PEMBELAJARAN RASUL PAULUS: KAJIAN PAK DAN IMPLEMENTASINYA BAGI GEREJA MASA KINI.” Tumou Tou (Journal Ajaran Kristianitas, Ajaran dan … (2016).
Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38.
DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v3i1.38
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.
DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:
Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.