Analisis Manajemen Kelas Daring pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

Veronika Wulan Sari, Steaven Octavianus, Dwi Novita Sari

Abstract


Online classroom management is the management of distance learning or online classes, to access the distance learning process using internet media. The role of managing learning is the teacher himself. At SMK Tarunatama Gerasan-Semarang, previously implemented a face-to-face learning process, but with the Covid-19 pandemic, this school has followed an appeal from the government to implement online learning. Therefore, researchers are interested in researching Online Class Management during the Covid-19 Pandemic on Christian Religious Education Learning in Class X (Ten) Tarunatama High School Getasan-Semarang. In this research process, researchers used a qualitative approach with descriptive analysis methods. To analyze the data, the writer used the triangulation technique. Data collection techniques are methods of observation, interviews, and documentation. This study found that online learning management that is currently taking place at SMK Tarunatama Getasan is in addition to new things being applied and is still not very effective for students who follow it and also for teachers who manage online classes themselves. Based on the results of interviews conducted by the author, each student who took their online class preferred face-to-face classes compared to existing online classes because there were many obstacles they experienced when joining these online classes.

 

Abstrak

Manajemen kelas daring adalah pengelolaan pembelajaran jarak jauh atau kelas secara online, untuk mengakses proses pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media internet. Yang berperan mengelola pembelajaran tersebut adalah guru itu sendiri. Di SMK Tarunatama Gerasan-Semarang sebelumnya menerapkan proses pembelajaan tatap muka secara langsung, namun dengan adanya pandemi Covid-19 sekolah ini mengikuti ajuan dari pemerintah untuk mereapkan pembelajaran daring. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Manajemen Kelas Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Kelas X (Sepuluh) Smk Tarunatama Getasan-Semarang. Dalam proses penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Untuk menganalisis data tersebut, penulis menggunakan teknik triangulasi. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan pengelolaan pembelajaran secara daring yang saat ini berlangsung di SMK Tarunatama Getasan selain hal yang baru di terapkan dan masih belum terlalu efektif untuk siswa/i yang mengikutinya dan juga bagi guru yang mengelola kelas daring itu sendiri. Berdasarkan hasil dari wawancara yang di lakukan oleh penulis setiap siswa/i yang mengikuti kelas daring mereka lebih memilih kelas tatap muka secara langsung di bandingkan dengan kelas daring yang ada di karenakan ada banyak hambatan yang mereka alami ketika mengikuti kelas daring tersebut.


Full Text:

PDF

References


Abdulhak, Ishak & Deni Darmawan. Teknologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Bilfaqih, Yusuf & Nur Qomarudin. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring, Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2015.

https://media.neliti.com , hari jum’at, 8 mey, pukul 20.23 WIB.

Kristiawan, Muhammad. Dian Safitri & Rena Lestari. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Dudi Utama, 2017.

Nawawi, Handari. Organisasi Sekolah Pengelolaan Kelas, Sebagai Lembagai Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung, 2000.

Purwanto, Agus dkk. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar” , EduPsyCouns, Vol. 2 No.1 (2020).

repositori.uinjkt.ac.id-Pegaruh-Pemanfaatan-Media-Sosial-whatsapp-terhadap-Penyebaran-Informasi-pembelajaran, Hari Sabtu 06 Juni 2020, Pukul 20.12 WIB.

Sutopo, Edi dkk. Selaksa Rasa KBM Online, Banyumas Jawa Tengah: Omera Pustaka, 2020.

Sanjaya, Ridwan dkk. Teaching From Home dari Belajar Merdeka Menuju Merdeka Belajar, Yayasan Kita Menulis, 2020.

W, Imamul Arifin Giana Hadi. Membuka Cakrawala Ekonomi, Bandung: Anggota IKAPI, 2007.

Wagiana, Imamul Arifin Giana Hadi. Membuka Cakrawala Ekonomi, Bandung: PT Setia Purna Inves, 2007.

Wahid, Abdul Hamid. Chusnul Muali & Mutmainah, “Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Sisawa”,Jurnal al-Fikrah, Vol V, No 2, Desember 2017.

Warjanto, Nur Hadi. “On-line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran”, Pythagoras, Vol. 2 No. 1, (2006).

Wawacara Kepada Guru Agama Kristen, 27 Mei 2020, Pukul 19.04 WIB.

Wawancara Kepada Guru Agama Kristen 27 Mei 2020, Pukul 20.06 WIB.

Wawancara Kepada Guru Pendidikan Agama Kristen, 10 Juni 2020, pukul 13.04 WIB.

Wawancara kepada Guru Agama Kristen, 28 Mei 2020, Pukul 20.23 WIB.

Wawancara dengan Immanuel Evan Prasteya salah satu siswa kelas X (Sepuluh), 03 Juni 2020, Pukul 19.43 WIB.

Wawancara dengan Immanuel Evan Prasteya salah satu siswa kelas X (Sepuluh), 10 Juni 2020, Pukul 09.05 WIB.

Wawancara dengan Dimas Sandi Maulana Radhan salah satu siswa kelas X (Sepuluh), 03 Juni 2020, Pukul 20.33 WIB.

Wawancara dengan Bagas Aditama salah satu siswa kelas X (Sepuluh), 10 Juni 2020, Pukul 12.33 WIB.

Wawancara dengan Wahyu salah satu siswa kelas X (Sepuluh), 10 Juni 2020, Pukul 14.16 WIB.

Wawancara dengan Andin Valencia Palar satu siswa kelas X (Sepuluh), 10 Juni 2020, Pukul 15.24 WIB.

Wawancara dengan Immanuel Evan Prasteya salah satu siswa kelas X (Sepuluh), 10 Juni 2020, Pukul 09.05 WIB

Wawancara dengan Dimas Sandi Maulana Radhan salah satu siswa kelas X (Sepuluh), 03 Juni 2020, Pukul 20.33 WIB.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v3i1.36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.