Pengajaran Tuhan Yesus tentang Prinsip Melayani Anak Berdasarkan Markus 7:27-28 dan 9:35-42

Matius I Totok Dwikoryanto

Abstract


Many Christian families experience problems, the economy, unharmonious marriages, bad relationships, social media challenges, which result in children's spiritual formation often being prioritized to the church rather than the role of the family itself. Therefore, the church must be ready to be a place to prioritize teaching and child formation so that there is spiritual growth. From this, the education of children is important and the church must be able to form its mentality from childhood. By using a descriptive qualitative method and through a literature study approach to the text about the teaching of Jesus in the Gospel of Mark, it can be concluded that the teaching of the Lord Jesus must be carried out by providing maximum service to children's ministry, also paying attention to children's needs, and taking care of the physical child. The teaching of the Lord Jesus also gives meaning in the ethics of teaching faith. Even parents or the church must welcome children in every activity, especially preparing to be God's servants, this must be done as a priority for children.


Abstract

Banyaknya keluarga Kristen yang mengalami permasalahan, ekonomi, perkawinan yang tidak harmonis, pergaulan buruk, tantangan sosial media, yang berakibat pembinaan rohani anak seringkali diprioritas kepada gereja dari pada peran keluarga sendiri. Maka itu  gereja  harus siap menjadi tempat dalam memprioritaskan pengajaran dan pembentukan anak sehingga ada pertumbuhan rohani. Dari hal itu pendidikan kepada anak-anak merupakan hal yang  penting dan gereja harus mampu membentuk mentalitasnya dari sejak anak-anak. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan melalui pendekatan studi pustaka terhadap teks tentang pengajaran Yesus dalam Injil Markus, dengan demikian dapat disimpulkan pengajaran Tuhan Yesus harus dilaksanakan dengan memberikan pelayanan maksimal terhadap  pelayanan Anak-anak, juga memperhatian terhadap kebutuhan anak, serta  memeliharaan jasmani Anak. Pengajaran Tuhan Yesus juga memberikan makna dalam etika pengajaran Iman bahkan Orangtua atau gereja harus Menyambut Anak dalam setiap kegiatan terlebih  mempersiapkan Menjadi Pelayan Tuhan hal itu harus dilakukan sebagai prioritas bagi anak.


Keywords


children's ministry; church; gospel; mark; teaching; gereja; injil; markus; pelayanan anak; pengajaran

Full Text:

PDF

References


Agustin, Daniel. “Strategi Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Perilaku Anak,” 2020. https://doi.org/10.31219/osf.io/jvuep.

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” Regula Fidei Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106.

Arifianto, Yonatan Alex, and Asih sumiwi Rachmani. “Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13.” Jurnal Diegesis 3, no. 1 (2020): 1–12.

Boehlke, Robert. R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.

Brewster, Dan. Anak, Gereja Dan Misi. Jakarta: Compassion International, 2005.

———. Children & Childhood in The Bible. Compassion Internasional, 2011.

Budiardjo, Tri. Anak-Anak: Generasi Terpinggirkan? Yogyakarta: ANDI, 2010.

———. Pelayanan Anak Yang Holistik. Yogjakarta: ANDI, 2011.

Cully, Iris V. Dinamika Pelayanan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1989.

Gunarsa, Yulia Singgih D. Asas-Asas Psikologi Keluarga Idaman. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002.

Hardy, Fenty Apriani. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-7 Tahun Di Gereja Toraja Jemaat Tello Batua Makassar.” Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2018.

Hendropuspito, D. Sosiologi Agama. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1990.

Ivone P. Palar. “‘Anak Juga Merupakan Bagian Kerajaan Allah.’” Majalah Sahabat Gembala, 2006.

———. Diktat Formasi Kehidupan Rohani II. Makasar: STT Jaffray, 2012.

Kilbourn, Phyllis. Children In Crisis: A New Commitmen. Malang: YPPI-Dep.PAP, 1996.

Laufer, Ruth, and Anni Dyck. Pedoman Pelayanan Anak. Surabaya: Bahtera Grafika, 1998.

Leigh., Ronald W. Melayani Dengan Efektif. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.

Lie, Paulus. “Mereformasi Sekolah Minggu.” Yogyakarta: PBMR Andi, 2003.

Louw, and Nida. Leksikon Yunani-Inggris Dari Perjanjian Baru Berdasarkan Domain Semantik Volume 1, 2000.

MacArthur, John. Kiat Sukses Mendidik Anak Dalam Tuhan. Jakarta: Immanuel Publishing House, 2005.

Miles, Glenn, and Josephine-Joy Wright. Celebrating Children. USA: Paternoster Press, 2003.

Na’imah, Tri. “Aplikasi Konseling Keluarga Islam Untuk Mengatasi Masalah Psikososial Akibat Kemiskinan.” Physco Idea 9, no. 2 (2011): 1–11.

Oliver, H. Norman Wright Gary J. Memahami Anak Sesuai Dengan Kecenderungan Kepribadiannya. Yogyakarta: Gloria Graffa, 2003.

Paul Barnett. Yesus Dan Kebangkitan Dari Kekristenan Mula-Mula, 2000.

Richard, Lawrence O. Mengajarkan Alkitab Secara Kreatif. Bandung: Kalam Hidup, 2000.

Richards, Lawrence O. Pelayanan Kepada Anak-Anak. Bandung: Kalam Hidup, 2007.

Robert J. Keeley. Menjadikan Anak-Anak Kita Bertumbuh Dalam Iman. Yogyakarta: ANDI, 2009.

Russell, Robert F., and A. Gregory Stone. “A Review of Servant Leadership Attributes: Developing a Practical Model.” Leadership & Organization Development Journal, 2002. https://doi.org/10.1108/01437730210424.

SABDA. “ALKITAB SABDA.” Yayasan Lembaga Alkitab Sabda, 2020. https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=2Kor 5:18-21&tab=text.

Setiawani, Mary Go. Pembaharuan Mengajar. Bandung: Kalam Hidup, 2000.

Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan.” SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 78–95. http://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/sikip/article/view/57.

Sianipar, Desi. “Peran Pendidikan Agama Kristen Di Gereja Dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga.” Jurnal Shanan 4, no. 1 (2020): 73–92.

Stafford, Wess. Too Small to Ignore. Jakarta: Metanoia, 2009.

Sulistyono., Edy. Anak-Anak Sasaran Strategi Bidikan Iblis. Yogjakarta: Andi Offset, 2009.

Vardiansyah, Dani. Filsafat Llmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Jakarta: Indeks, 2008.

White, Keith J. Reflections On Living With Children. london: Christian Child Care Forum, 2008.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v4i1.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.