Peran Orang Tua Sebagai Motivator Anak untuk Sekolah Minggu

Eva Agnes

Abstract


Sekolah Minggu Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Kesamben dihadapkan pada masalah kurangnya motivasi orang tua dalam mendorong anak-anak untuk menghadiri ibadah Sekolah Minggu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran orang tua sebagai motivator dalam mendorong anak-anak untuk menghadiri Sekolah Minggu di GPdI Kesamben. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi naratif. Peneliti melakukan wawancara terhadap tujuh orang yang terdiri dari lima guru Sekolah Minggu, empat di antaranya adalah orang tua dan dua orang tua dari anak Sekolah Minggu di GPdI Kesamben. Berdasarkan pengumpulan data, informasi dan fakta-fakta yang ada di Sekolah Minggu GPdI Kesamben, peneliti menemukan bahwa: Para orang tua hanya sekedar memberi bentuk-bentuk motivasi secara eksternal saja, belum memberi anak motivasi secara internal. Bentuk motivasi eksternal yang diberikan adalah memberikan dorongan/ semangat kepada anak, menegur dan menasehati ketika anak melakukan kesalahan, dan mendorong anak untuk mengerti bakat dan minatnya. Motivasi internal sangat diperlukan karena dapat menjadi penyemangat dari dalam diri anak sendiri, dan perlu dibangun oleh orang tua kepada anak sejak kecil. Menjadi teladan bagi anak-anak telah dilakukan oleh orang tua di GPdI Kesamben. Meskipun tidak mudah, sebagian besar orang tua berusaha menjadi teladan agar dapat memotivasi anak-anak untuk datang ke Sekolah Minggu. Peneliti memberikan beberapa saran yaitu agar Sekolah Minggu GPdI Kesamben dapat melengkapi para orang tua melalui seminar, workshop, dan pemuridan untuk memberikan pengetahuan bagaimana menjadi motivator yang benar bagi anak. Para orang tua dapat membiasakan anak dalam disiplin waktu sejak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Adhi, Ikhsan. 2010. Perkembangan Anak. Bandung: Pusaka Setia

Ariawan, Sandy. 2018. Pengaruh Apresiasi Gereja Berbentuk Materi dan Non Materi. Didaktikos Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan, 1(1), 8-16.

Berkhof, Til, C.V. 2004. Dasar Pendidikan Kristen, Foundation of Christian Education. Surabaya: PT Momentum Chapman, Adina. 1980. Pengantar Perjanjian Baru. Bandung: Kalam Hidup

Cleland and D. H Burnham. 1976. Power is the Great Motivator. Harvard: Business Review.

Suleeman. 2012. Ciri-ciri Motivasi Berprestasi. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Fred N. Kerlinger. 1993. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Edisi ketiga. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Groome, Thomas. 2010. Christian Religius Education, Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Gunung Mulia

Kristanto, Paulus L. 2004. Prinsip dan Praktek PAK Penuntun bagi Mahasiswa Teologi dan PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama dan keluarga Kristen. Yogyakarta: Andi Offset

Lie, Tan Giok. 2013. STULOS Jurnal Teologi,edisi 164/Mei 2015. STT – Bandung

.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v2i1.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.