Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Charis Tentang Pendidikan Karakter di Kelas VI

Putri Elisabet

Abstract


Abad 21 merupakan abad informasi, komputasi, otomasi, dan komunikasi.
Pendidikan harus menyesuaikan dengan era abad yang berkembang itu, khususnya kurikulum yang diterapkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perbandingan penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Charis di kelas VI SD Charis. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Charis National Academy, dibatasi pada responden dan subyek penelitian yang berhubungan dengan implementasi kurikulum di kelas VI yang berjumlah dua kelas, yakni VI a dan VI b
yang masing-masing berjumlah 20 orang. Jumlah pengajar untuk kelas VI dari beberapa subyek penelitian sebagai responden di Charis National Academy berjumlah tujuh orang. Dari penelitian yang telah dilakukan di Charis, ditemukan bentuk perbandingan penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum Charis tentang pendidikan karakter di kelas VI SD Kristen Charis, yaitu: Pertama, Kurikulum 2013 berbasis pendidikan karakter mengarah kepada tantangan abad 21 sedangkan Kurikulum Charis dengan terintegrasi Alkitab berbasis karakter berawal dari visi sekolah; Kedua, Kurikulum 2013 mengarahkan mata pelajaran kepada subtema sedangkan kurikulum Charis lebih diarahkan kepada pengenalan Sang pencipta yang menciptakan dengan teratur; Ketiga, tujuan Kurikulum 2013 agar dapat menjawab tantangan zaman yang berubah sedangkan kurikulum Charis dapat menjawab tantangan abad 21 jika dilakukan dengan konsisten; Keempat, Kurikulum 2013 tidak semua mata pelajaran diajarkan sedangkan Kurikulum Charis bersifat terbuka dengan mata pelajaran; Kelima, karakter yang dicapai oleh Kurikulum 2013 hanya beberapa sesuai penilaian setiap pelajarannya sedangkan karakter yang dihasilkan Kurikulum Charis adalah keseluruhan dalam Alkitab.


Full Text:

PDF

References


Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama

Lebar, Lois E. 2006. Education that is Christian. Malang: Gandum Mas

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo

Sidjabat, Samuel. 2005. Strategi Pendidikan Kristen. Yogyakarta: CV Andi Offset

Tung, Khoe Yao. 2016. Filsafat Pendidikan Kristen. Yogyakarta: Penerbit Andi




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v2i1.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.