Peran Organisasi Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Malang Dalam Memotivasi Mahasiswa Papua Pegunungan Guna Penyelesaikan Pendidikan Tinggi di Malang

Siani listio, Sedia Kogoya

Abstract


Pendidikan merupakan faktor penting dalam menentukan kemajuan suatu negara. Berdasarkan data yang dirilis Worldtop20.org, peringkat pendidikan Indonesia pada urutan ke 67 dari 203 negara di dunia. Kondisi geografis dan demografis Indonesia menyebabkan ketidakseimbangan dalam pemerataan pendidikan.Provinsi Papua Pegunungan  merupakan salah satu hasil pemekaran Provinsi Papua  yang belum memuaskan dalam hal pendidikan. Beberapa faktor yang menyebabkan antara lain : 1)beberapa daerah terpencil di Papua  masih sangat sulit mengakses fasilitas pendidikan seperti sekolah, guru dan sarana pendidikan . 2) kurangnya  guru dan tenaga pendidik berkualitas . 3) kurangnya sumber belajar, seperti buku teks, materi pembelajaran, dan teknologi pendidikan.  Berbagai usaha  dilakukan  pemerintah daerah, khususnya pembangunan infrastruktur, pemerataan akses pendidikan, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan ,tetapi belum semua persoalan dalam diselesaikan. Pemerintah daerah mengambil inisiatif dengan melakukan program beasiswa kepada generasi muda untuk melanjutkan pendidikan di luar Papua, khususnya di Pulau Jawa. Salah satu tujuan pendidikan adalah  Malang,  Jawa Timur. Pelajar dan mahasiswa yang mengikuti pendidikan di kota Malang tergabung dalam organisasi  Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Malang. Permasalahannya banyak mahasiswa Papua yang menempuh pendidikan di Malang tidak dapat menyelesaikan pendidikannya tepat waktu. IPMAPA yang diharapkan dapat menjadi orang tua asuh  yang dapat memotivasi mahasiswa agar dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu, ternyata tidak berfungsi dengan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  permasalahan mahasiswa Papua Pegunungan sehingga tidak mampu menyelesaikan pendidikan tepat waktu dan bagaimana peran IPMAPA dalam memotivasi mahasiswa agar dapat menyelesaikan pendidikan  tepat waktu.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti mengamati langsung subjek yang akan diteliti dan berinteraksi, berusaha memahami mereka Peneliti menggunakan pendekatan studi kasus agar memperoleh pengertian yang mendalam mengenai objek yang akan diteliti.Hasil temuan di lapangan antara lain:1)Mahasiswa Papua terbawa budaya daerah asal, suka berkumpul dengan teman sedaerah tanpa tujuan yang jelas.2)Kesenjangan kurikulum daerah asal dan Jawa sehingga mereka sulit menyesuaikan diri.3) Kurang  mampu mengelola keuangan maupun waktu.4)Tidak berfungsinya IPMAPA

Kata kunci : Peran IPMAPA, mahasiswa Papua, motivasi


Keywords


Peran IPMAPA, mahasiswa Papua, motivasi

Full Text:

PDF

References


Alkitab

Arsib. I. dan Fajar.D. 2016. Merawat kekayaan bangsa dan negara. Guepedia.com.

.

.

Emda. A. 2017. Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Jurnal Lantanida. Aceh.

Hariandja.H.E.T.M. 2002. Manajemen Sumber daya Manusia. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Hamzah, Amir, 2019,Penelitian Berbasis Proyek, Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, CV Literasi Nusantara Abadi, Malang

Hamzah, Amir, 2020,Metode Penelitian Studi Kasus, CV Literasi Nusantara Abadi, Malang

Kosasi. K. 2016. Peranan Organisasi Kemahasiswaan dalam pengembangan Civic Skills Mahasiswa. Bandung.

Kurnianingsi. F. 2017. Manajemen Sumber daya manusia . UMRAH Press, Tanjungpinang. Kepulauan Riau.

Mastang. A. B. 2017. Analisis data kualitatif. Aksara timur. Makasar Sulawesi Selatan.

Oviyanti. F. 2016.Peran Organisasi kemahasiswaan intra kampus dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal mahasiswa. Jurnal of islamic education management. Vol.2 no.1

Rukajat. A. 2018. Pendekatan penelitian kualitatif. CV Budi Utama. Yokyakarta.

Rusiana. P. H. 2021. Pendidikan Teman Sebaya Solusi Problematika Pendidikan dan kesehatan. PT. Nasya Expanding Management (MEN-Anggota IKAPI). Jawa Tengah.

Suryanto.A.T.2021. Memahami Bimbingan dan Konselin Belajar. CV.Adanu AbimataAnggota Ikapi:354/JBA. Jawa Barat.

Tim Penyusun Waini, Sadulloh, dan beberapa lain. 2017. Landasan Pendidikan. UPI Press Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Toenlio, J.A. 2018. Ilmu dan Filsafat Pendidikan. Elang Mas. Malang.

.

Jurnal PDF

Adisubrata. I. 2024. Pemprov Papua pegunungan menganggarkan Rp.125 miliar untuk beasiswa unggul .

BILD Institute Kalimantan Nusantara. 2023. Dasar Hukum Pendidikan di Indonesia. Kalimanta. WWW.BILDKALIMATAN.ORC.

Kelen. T. 2024. Pemprov Papua Pegunungan anggarkan Rp. 10 miliar untuk membantu bayar beasiswa siswi unggul Papua.

Rahman. S. 2021. Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Gorontalo. surantirahman@gmail.com

Visi dan Misi Provinsi papua pegunungan ( https://www.perplexity.ai/search/Visi-Misi-Pemerintah-XlChOeZMQvyzQy9V_ubvCw ).

#. Ling-ling sebagai referensi

https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/927/806

https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/238/147

https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/238

https://www.detik.com/bali/berita/d-6412949/memahami-fungsi-dan-tujuan-pendidikan-di-indonesia

https://www.google.co.id/books/edition/Evaluasi_Pendidikan/XwGWEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=tujuan+pendidikan&pg=PA22&printsec=frontcover

https://www.perplexity.ai/search/Landasan-Filosofis-Pendidikan-Pn7rYdewT2agkdnhc_QRiA

https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pendidikan_Tinggi/KDL3EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Pengertian+Pendidikan+Tinggi&pg=PA2&printsec=frontcover

http://repo.iain-tulungagung.ac.id/10578/5/BAB%20II.pdf

https://www.perplexity.ai/search/Permasalahan-yang-dihadapi-FdOHNt4TSAWixg43MT0WGg

https://www.google.co.id/books/edition/Memahami_Bimbingan_dan_Konseling_Belajar/kVYsEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Permasalahan+yang+dihadapi+mahasiswa+dalam+mengikuti+pendidikan+tinggi&pg=PA116&printsec=frontcover

https://www.jayawijayakab.go.id/berita/1245/2024-02-26/penyaluran-bantuan-pangan -beras-pemerintah-provinsi-papua-pegunungan-satu-keluarga-10-kg.html

https://www.uncen.ac.id/pemerintah-provinsi-papua-pegunungan-jalin-kerjasama-dengan-uncen/

https://openrecruitment.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/905

https://jubi.id/kabupaten-jayawijaya/2024/pemprov-papua-pegunungan-anggarkan-rp-125-miliar-untuk-beasiswa-unggul/#google_vignette

https://jubi.id/penkes/2024/pemprov-papua-pegunungan-anggarkan-rp10-miliar-untuk-bantu-bayar-beasiswa-siswa-unggul-papua/

https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=qy1qDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA21&dq=pendekatan+penelitian+kualitatif&ots=89yowqGYKJ&sig=ixMV8kHJnOQJxKjYPSkHDHpH1IQ&redir_esc=y#v=onepage&q=pendekatan%20penelitian%20kualitatif&f=false




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v7i2.227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siani listio

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.