Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Berbasis Daring Bagi Anak Usia Dini Di KB-TK Charis Malang

Yolanda yolanda

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen berbasis daring bagi anak usia dini di KB-TK Charis Malang.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di temukan bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen berbasis daring bagi anak usia dini di KB-TK Charis Malang selama pembelajaran daring hanya dilakukan satu kali dalam seminggu karena terbatasnya waktu dengan menggunakan zoom, google class room, dan pemberian tugas melalui drive thru. Namun dalam pelaksanaannya KB-TK Charis  tetap mengintegrasikan PAK ke setiap subject lainnya.  Dalam pelaksanaan pembelajaran daring ada tantangan yang dihadapi seperti kendala pada jaringan internet, guru tidak bisa melihat perkembangan sosial anak, tidak bisa melihat perkembangan karakter anak secara langsung dan orang tua harus membagi waktu dalam mendampingi anak belajar.


Keywords


PAK, Daring, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Antony J. Michael.2012. Foundations Of ministry An Introduction to Christian Education For New Generaton.Malang: Gandum Mas

Elisabeth. 2009. Pembelajaran PAK (Pendidikan Agama Kristen) Pada Anak usia dini. Bandung: Bina Media Infomasi

GP, H. 2017. Teologi PAK. Yogyakarta: ANDI

Groome. H Thomas. 2011. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Gusty, S., & Nurmiati.2020. Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis

Hamzah Amir. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Malang : Literasi Nusantara Abadi

Hadarini, Wulandari. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3, 2020

Henoch Budhiadi, Em.2011. Pendidikan Agama Kristen (PAK) Selayang Pandang. Bandung: Bina Media Informasi

Homrighausen, E. G., & Enklaar, I. H. 2009. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Kusuma, W. S., & Panggung, S. 2021. Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku. Yogyakarta: Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak usia dini. Volume 5 Issue 2

Nainggolan. 2008. Strategi Pendidikan Agama Kristen. Jabar: Generasi Info Media

Nahdi Khirjan dkk. Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak usia dini. Volume 5 Issue 1 (2021)

Seymour, J. L.2016. Memetakan Pendidikan Kristiani Pendekatan-Pendekatan Pembelajaran Jemaat. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia

Susanti, L.2019. Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sadikin Ali, Hamidah Afreni. 2020. Pembelajaran di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Volume 6, nomor 2.

https://dikti.kemendikbud.go.id. 2020. Tantangan Dunia Pendidikan di Masa Pandemi.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v7i2.220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 yolanda yolanda

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.