Strategi Pendidikan Agama Kristen Ekoteologi Bagi Masyarakat Suku Laut di GPIB Sola Fide Batam

Omega Ariestanti, Janneman Usmany

Abstract


Kerusakan lingkungan menjadi permasalahan yang serius saat ini. Tidak hanya terjadi di daratan tetapi di lingkungan  laut  juga mengalami kerusakan. Beberapa kerusakan yang terjadi seperti banyaknya sampah plastik, perubahan iklim yang mengakibatkan abrasi, dan penebangan hutan bakau. Negara Indonesia menjadi negara kedua penyumbang sampah setelah China. Masalah kerusakan lingkungan memiliki korelasi dengan kehidupan beriman. Iman Kristen berperan untuk merespon berbagai permasalahan termasuk kerusakan lingkungan. Dalam mewujudkan pemahaman tersebut diperlukan Strategi Pendidikan Agama Kristen untuk mengurai permasalahan kerusakan lingkungan. 

Secara khusus peneliti mengkaji jemaat GPIB Sola Fide di Pulau Lingka. Peneliti memilih konteks GPIB Sola Fide Pulau Lingka karena secara nyata mengalami kerusakan laut. Kerusakan lingkungan yang terjadi disebabkan oleh perubahan iklim dan juga disebabkan oleh keegoisan manusia seperti aktivitas galangan kapal dan kesadaran membuang sampah yang buruk.

Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan PAR (Participatory Action Reseach). Informan terdiri dari 16 orang yang mewakili jemaat dan pendeta yang pernah melayani di GPIB Sola Fide Pulau Lingka.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan ekologi tidak hanya terletak pada ketidaktahuan warga untuk menjaga lingkungan tetapi juga ada aspek ekonomi (kemiskinan), sosial (relasi sosial), politik  (lemahnya peran pemerintah dan kesewenangan para pengusaha galangan kapal), dan budaya (primodialisme). Meski demikian masyarakat Suku Laut memiliki kecerdasan ekologi yang memuat nilai-nilai lokal, tetapi belum bisa menjawab masalah kerusakan lingkungan sehingga perlu ada upaya membangun kecerdasan ekologi yang bersifat pengetahuan dan upaya PAK yang kontekstual dalam gereja. Strategi PAK ekoteologis merupakan sebuah cara mendidik yang dipakai oleh gereja dengan menyentuh seluruh aspek baik spiritual, ekonomi, sosial dan budaya dengan tema lingkungan. Dengan demikian strategi PAK ekoteologis diharapkan mampu menjawab permasalahan lingkungan di Pulau Lingka.


Keywords


Strategi PAK, Ekoteologi, Kerusakan lingkungan

Full Text:

PDF

References


Abraham Maslow. (n.d.). Psikologi tentang Pengalaman Religius : Sebuah visi integratif tentang agama, sains dan spiritualitas. IRCiSoD.

Arba dan Rahman. (2002). Menantang Gelombang (1st ed.). Pustaka Dinamika.

Asosiasi Teolog Indonesia. (2022). Bumi, Laut dan Keselamatan : Refleksi Ekoteologi Kontekstual (1st ed.). BPK Gunung Mulia.

Borrong, R. P. (2003). Etika Bumi Baru. BPK Gunung Mulia.

Celia Deane - Drummond. (2012). Teologi & Ekologi (Staf Redaksi BPK Gunung Mulia (ed.); 5th ed.). BPK Gunung Mulia.

Cynthia Chou. (2005). Indonesian Sea Nomads : Money, magic, and fear of the Orang Suku Laut (1st ed.). Taylor and Francis Group.

Daniel Goleman. (2016). Emotional Intelligence (21st ed.). Gramedia.

Elaine B Johnson. (2007). Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Mizan Learning Center (MLC).

G.T Manley, H. (1995). Tafsiran Alkitab Masa Kini (6th ed.). Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Haryanto, H. C., & Prahara, S. A. (2019). Perubahan Iklim, Siapa Yang Bertanggung Jawab? Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 21(2), 50. https://doi.org/10.26486/psikologi.v21i2.811

Helmi, A., & Satria, A. (2013). Strategi Adaptasi Nelayan Terhadap Perubahan Ekologis. Hubs-Asia, 16(1), 68–78. https://doi.org/10.7454/mssh.v16i1.38

Hosaini. (2021). Pengantar Metodologi Participatory Action Research (1st ed.). Bintang Pustaka Madani.

Irwan Budiana, dkk. (2022). Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Moh Badrih (ed.); 1st ed.). Kiterasi Nusantara.

Jan S. Aritonang. (2018). Teologi -Teologi Kontemporer (Rika Uli Napitupulu -Simarangkir (ed.); 1st ed.). BPK Gunung Mulia.

John Creswell. (2015). Riset Pendidikan : Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasai Riset Kualitatif dan Kuantitatif (Priyati (ed.); 1st ed.). Pustaka Pelajar.

Kepri Today. (2017). Hutan Mangrove Lingga Terancam Punah, Akibat Keserakahan Pengusaha Dapur Arang. https://kepritoday.com/hutan-mangrove-lingga-terancam-punah-akibat-keserakahan-pengusaha-dapur-arang/

Leslie J Hoppe, O. (2002). Tafsir Alkitab Perjanjian Lama (12th ed.). Kanisius.

Mohamad Zen. (2002). Orang Laut : Studi Etnopedagogi (2nd ed.).

Nana Supriatna. (2016). Ecopedagogy : Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran (1st ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmadaniyah. (2021). Strategi Pembelajaran Sejarah.

Rahmawati, A. (2014). Kehidupan Suku Laut Di Batam: Sebuah Fenomena Kebijakan Pembangunan Di Pulau Bertam Kota Batam. Share : Social Work Journal, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.24198/share.v4i1.12987

Ridwan Mahzun dan Mashuri. (2017). MODEL ASESMEN ASPEK DAN DAMPAK LINGKUNGAN KEGIATAN OPERASI FABRIKASI DAN GALANGAN KAPAL DI PULAU BATAM.

Susanti, L., & Imbiri, C. (2020). Implementasi Motivasi Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 4(2). https://doi.org/10.30648/dun.v4i2.284

Thomas H Groome. (2015). Pendidikan Agama Kristen : Berbagi Cerita dan Visi. BPK Gunung Mulia.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v7i2.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 omega aries tanti

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.