Pengaruh Tingkat Pemahaman Orang Tua Akan Perannya Berdasarkan Efesus 6: 4 Terhadap Hambatan Mendidik Anak Remaja di GSJA Maranatha Malang

Kristyana Kristyana

Abstract


Banyak orang tua mengaku bahwa tidak mudah untuk mengajar anak remaja mereka. Beberapa dari mereka merasa sedih dan gagal mengajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tahap pemahaman orang tua tentang peran orang tua berdasarkan Efesus 6: 4 pada hambatan untuk mengajar remaja di GSJA Maranatha Malang. Tiga puluh responden digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian kuantitatif ini. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner kemudian dianalisis dengan regresi linier sederhana. Analisis menunjukkan bahwa tahap pemahaman orang tua tentang peran orang tua berdasarkan Efesus 6: 4 memiliki dampak signifikan terhadap hambatan untuk mengajar remaja, sebesar 0,807 atau 80,7%, sedangkan 19,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan cara ini, hambatan untuk mengajar remaja dapat diminimalkan dengan meningkatkan tahap pemahaman orang tua tentang peran orang tua berdasarkan Efesus 6: 4


Full Text:

PDF

References


Alexander, Daniel. 2006. Keluarga yang Disukai Tuhan: Mendatangkan Berkat di Tengah Keluarga. Yogyakarta: Andi Offset.

| J u r n a l S T I P A K M a l a n g V o l u m e 1 N p 1 J u n i 2 0 1 8

Beckwith, Ivy. 2011. Gembalakanlah Anak-anak Domba-Ku: Cara Tepat Membentuk Rohani Anak-anak Menjadi Generasi Baru yang Kuat. Yogyakarta: Andi. Offset.

Budiyana, Hardi. 2011. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen, Solo: Berita Hidup Seminary.

Early, Dave. 2011. Resep Ampuh Mengasuh Anak dengan Cara Allah; Panduan Alkitabiah Memberikan Pengasuhan yang Lebih Baik kepada Anak. Yogyakarta: Andi Offset.

Gunasa, Singgih D. Dan Gunasa, Yulia. 2011. Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Libri.

J.I. Packer. 2001. Ensiklopedi Fakta Alkitab. Malang: Gandum Mas.

P.G Harianto. 2012. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini: Pembahasan Lengkap tentangDasar, Implementasi dan Penerapan Pendidikan Agama Kristen dalam Perjanjian Lama, Perjanjian Baru dan Kehidupan Saat ini. Yogyakarta: Andi Offset.

Pearlman, Myer (tt) Penyelidikan Anak .Malang: Gandum Mas.

Stott, R.W. John. 2000. Efesus. Jakarta: Yayasan Bina Kasih/OMF.

Thompson, Marjorie L. 2011. Keluarga sebagai Pusat Pembentukan: Sebuah Visi tentang Peranan Keluarga dalam Pembentukan Rohani. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Wiersbe Warren W. 2001. Tafsiran Surat Efesus. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Online.http://alkitab.sabda.org/article.php?id=8465http://Alkitab.sabda.org/commentary.php?book=Ef&chapter=6..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.