Model Pembinaan Iman Anak Tertolak Guna Perkembangan Moral dan Spiritual Anak (Studi fenomenologis di Yayasan Pondok Hayat Surabaya)

Diana Meita Zain

Abstract


Ada beberapa anak yang hampir kehilangan nyawanya, yaitu anak-anak yang bebas dari aborsi dan anak-anak yang ditolak. Anak-anak ini umumnya memiliki masalah dalam berperilaku, karena tidak adanya peran orang tua dan kerentanan pengaruh lingkungan. Oleh karena itu penelitian ini difokuskan pada bagaimana model pembentukan iman 'anak-anak yang ditolak' untuk perkembangan moral dan spiritual mereka. Masalah dirumuskan berdasarkan fenomena penelitian, yaitu bagaimana model pembentukan iman untuk anak-anak yang ditolak, dan bagaimana model pembentukan iman mempengaruhi perkembangan moral dan spiritual anak. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa pembentukan iman anak ditolak, sangat penting untuk perkembangan moral dan spiritual anak yang ditolak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang menekankan arti penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah studi fenomenologis, yang merupakan pendekatan yang menggambarkan makna umum sejumlah individu tentang pengalaman hidup mereka. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) membina iman yang ditolak seorang anak yang sejauh ini tidak berdampak pada perkembangan moral dan pertumbuhan spiritual anak, (2) karakter Alkitab anak yang ditolak oleh Jefta , dapat menjadi contoh dan bermanfaat bagi perkembangan moral dan spiritual anak.


Full Text:

PDF

References


Adhiwardhana, Sally S. 2006. Peranan Orang Tua terhadap perkembangan moral dan sosial pada anak. Editor: Staf Redaksi BPK Gunung Mulia. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT. BPK Gunung Mulia. Jakarta. Halaman : 60-71.

Berkhof, Louis. 2012. Foundation of Christian Education. Surabaya : Momentum.

| J u r n a l S T I P A K M a l a n g V o l u m e 1 N o 1 J u n i 2 0 1 8

Creswell, John W. 2013. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatf, dan Mixed. Yogjakarta : Pustaka Belajar.

Erickson, Millard.J. 2004. Teologi Kristen, Volume satu. Malang : Penerbit Gandum Mas.

Hoft, Irene. 2001. Anda Merasa Ditolak ?. Jakarta : PT. BPK Gunung Mulia.

Klumpenhower, Jack. 2014. Kenalkan Yesus pada Mereka: mengajarkan Injil kepada Anak-anak. Surabaya : Momentum.

Kumar, Anant. 2008. ORPHAN AND VULNERABLE CHILDREN - Health Policy Interventions in India. Journal of Health & Development.vol.4 No.1-4,

Pazmino, Robert W, 2012. Fondasi Pendidikan Kristen: Sebuah Pengantar dalam Perspektif Injili. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Sanou, Dia. 2008, Caring for orphans and vulnerable children in a context of poverty and cultural Transition: A case study of a group foster homes program in Burkina Faso. Journal of Children and Poverty Vol. 14, No. 2.

Santrock, John W. 2003. Adolescence : perkembangan Remaja. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Schiller, Pam. 2002. 16 Moral Dasar Bagi Anak. PT. Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia – Jakarta.

Sidjabat, B Samuel. 1996 (41-45; 165-170). Strategi Pendidikan Kristen : Suatu tinjauan teologis – Filosofis. Yogyakarta : Andi.

Sidjabat, B.S. 2008. Membesarkan anak dengan Kreatif : Panduan Menanamkan Iman dan moral kepada anak sejak Dini. Yogyakarta : Andi.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum: Dalam Lintasan Sejarah. Bandung : Pustaka Setia.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: AlFABETA.

Solomon, Charles R. 1983. The rejection Syindrome. Tyndale House Publishers, Inc. Wheaton, Illinois.

Tong, Stephen. 2013. From Faith to Faith. Surabaya : Momentum.

Williamson, G.I. 2008. Katekismus Singkat Westminster. Surabaya: Momentum

Wolterstorff, Nicholas P. 2010. Mendidik Untuk Kehidupan: Refleksi mengenai Pengajaran dan Pembelajaran Kristen. Surabaya: Momentum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.