Implementasi Sikap Toleransi Beragama dan Pengaruhnya Bagi Anak di Era Disrupsi

Naumi Parida, Yuni Kurniawati, Verry Willyam

Abstract


Abstract: The purpose of research in this journal is that the implementation of religious tolerance can affect children's thinking patterns in understanding and appreciating the diversity of religions around them. The research method used in this paper is a literature method where the source material is obtained based on references from books, journals, articles related to the theme discussed. In this study there were several serious religious conflicts and intolerance among Indonesian society, resulting in rejection of the construction of places of worship, blasphemy, and persecution of certain religious groups. Based on the results of each existing study, it is concluded that Indonesia needs an understanding of tolerance in differences, especially religion. Tolerance in diversity is very important for every society to have and must be instilled from an early age in individual Indonesian society. With the attitude of religious tolerance in children, it will prepare children as the next generation of the nation to have an attitude of mutual respect, respect for differences, and live the freedom of rights in choosing each other's beliefs.

Abstrak: Tujuan penelitian dalam jurnal ini adalah agar implementasi sikap toleransi beragama dapat memengaruhi pola berpikir anak dalam memahami dan menghargai keragaman agama di sekitarnya. Metode penelitian yang dipakai dalam tulisan ini ialah metode kepustakaan yang dimana sumber materi didapatkan berdasarkan referensi dari buku-buku, jurnal, artikel yang terkait dengan tema yang dibahas. Dalam penelitian ini terjadi beberapa konflik agama dan intoleran secara serius di kalangan masyarakat Indonesia, sehingga terjadilah penolakan pembangunan tempat ibadah, penistaan agama, dan penganiayaan terhadap kelompok agama tertentu. Berlandaskan hasil setiap kajian yang ada, maka disimpulkan bahwa Indonesia memerlukan pemahaman sikap toleransi dalam perbedaan terutama agama. Sikap toleransi dalam keberagaman sangatlah penting untuk dimiliki oleh setiap masyarakat dan harus ditanamkan sejak dini dalam diri individu masyarakat Indonesia. Dengan adanya sikap toleransi beragama dalam diri anak maka akan mempersiapkan anak sebagai generasi penerus bangsa untuk memiliki sikap saling menghargai, menghormati perbedaan, dan menghidupi kebebasan hak dalam memilih keyakinan satu sama lain.


Keywords


Implementation, Religious Tolerance, Children

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Anam, Miftahul. Membangun Harmoni Antar-Umat Beragama. Bogor: Guepedia, 2021.

Casram, Casram. “Membangun Sikap Toleransi Beragama Dalam Masyarakat Plural.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 2 (2016): 187–198.

Daniel M. Nainggolan. “Intolerance and Fear: A Critical Analysis of Cases of Religious Intolerance in Indonesia Based on a Study by Martha Nussbaum.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 2, no. 1 (2023): 41–54.

Darmawan, I Putu Ayub. “Pendidikan Kristen Di Era Postmodern.” STT Simpson 1, no. 2 (2014).

Dkk, Riska Kurnia. Merawat Sikap Toleransi Beragama Di Tengah Masyarakat Majemuk. Uwais Inspirasi Indonesia, 2022.

Hanani, Silfia. Merawat Sikap Toleransi Beragama Di Tengah Masyarakat Majemuk. Ponorogo (Jawa Timur): Uwais Inspirasi Indonesia, 2022.

Izzati, Firda Aulia. “Pentingnya Sikap Toleransi Dan Empati Dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Baik (Good Citizenship) Di Masa Pandemi.” Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan 2, no. 2 (2021): 85.

Kaha, Samuel Cornelius. “Dialog Sebagai Kesadaran Relasional Antar Agama: Respons Teologis Atas Pudarnya Semangat Toleransi Kristen-Islam Di Indonesia.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 4, no. 2 (2020).

Kahfi, Muhammad Rajul. Ayat-Ayat Cinta 2 (Dari Toleransi Agama Sampai Gender). Yogyakarta: jejak pustaka, 2021.

Kamaluddin, Ismet Sari, and Mimi Anggraini. “Intoleransi Menurut Tokoh Agama Islam Dan Kristen.” Studia Sosia Religia 4, no. 1 (2021).

Latifah, Alifa Nur, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. “Pentingnya Menumbuhkan Sikap Toleransi Pada Anak Usia Sekolah Di Indonesia: Negeri Multikultural.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 969–973.

Lingvangling, and DKK. Moderasi Beragama Desa Campurdrat. Telaga Besari: Anagraf Indonesia, 2022.

Mela. Moderasi Beragama Dalam Menumbhkan Sikap Toleransi Dan Moral Generasi Muda. Indonesia: Gueoedia, 2020.

Misrwi, Zuhariri. Moderasi, Keumatan, Dan Kebangsaan. Jakarta: Kompas Media Indonesia, 2010.

Muda, Khadijah, and Siti Nor Azhani Mohd Tohar. “Definisi, Konsep Dan Teori Toleransi Beragama.” Sains Insani 5, no. 1 (2020).

Mudore, Syarif Bahaudin. “PERAN DIPLOMASI INDONESIA DALAM KONFLIK ISRAEL-PALESTINA.” Jurnal CMES 12, no. 2 (2019).

Mutaqin, Ahmad. Modul Moderasi Beragama Pusat Pengembangan Mderasi Beragama (PKMB) Un Raden Intan Lampung. Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2021.

Napitupulu, M. “Peran Kitab Keagamaan (Alkitab) Sebagai Upaya Membangun Toleransi Dalam Konflik Umat Beragama Di Indonesia.” Jurnal Christian Humaniora (2022).

Panittama, Yenny Anita. “Dasar Alkitabiah Dalam Mengajar Anak.” AgriXiv (2020).

Pattinama, Yenny Anita. “Peranan Sekolah Minggu Dalam Pertumbuhan Gereja.” SCRIPTA: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual 8, no. 2 (2020).

Rofiki, Arif. Toleransi Antarumat Beragama Di Papua (Pendidikan Karakter Pada Peserta Dididk Di SDN INPRES 6.88 Perumnas 2 Kota Jayapura). Yogyakarta: jejak pustaka, 2022.

Ruslan, Idrus. Kontribusi Lembaga-Lembaga Keagamaan Dalam Pengembangan (Toleransi Antara Umat Beragama Di Indonesia. Bandar Lampung: Arjsa Pratama, 2020.

Santosa, Santosa. “Urgensi Peran Orang Tua Membangun Kepemimpinan Anak Di Era Disrupsi Teknologi Berdasarkan Ulangan 6: 6-9.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 1 (2021): 71–88.

Sihite, Jelita. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Bagi Generasi Milenial” 1, no. 1 (2022): 97–104.

Soharyanto, and Yunus. Pendidikan Karakter Yang Efektif Di Era Milenial. Indramyu jawa barat: Adanu Abimata, 2021.

Songgono, J. “Membangun Toleransi Dalam Masyarakat Multiagama Dan Multikultural Di Indonesia Dari Perspektif Lukas 10: 25-37.” Vox Dei: Jurnal Teologi dan Pastoral 3 (2022): 127–137.

Sugiono, Bambang. Pancasila Sebagai Perekat Dan Pemersatuan Bangsa. Malang: Media Nusa Creative, 2021.

Suryadilaga, M A. “Mengajarkan Rasa Toleransi Beragama Pada Anak Usia Dini Dalam Persepektif Hadis.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic … 4, no. 1 (2021): 110–118.

Susanti, Lidia, and Eko Wahyu Suryaningsih. “Volume 7 | Nomor 2 | September 2022 Strategi Pembelajaran Yang Relevan Dalam Mengajarkan Soteriologi Pada Anak Sekolah Minggu Usia 6-12 Tahun” 7, no. September (2022): 147–159.

Syukur, Abdu, and Agus Hermanto. Konnten Dakwah Era Digital (Dakwah Moderat. Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2021.

Very William. “Memaknai Kosmologi Sebagai Sarana Penginjilan Kontekstual.” Antusias :Jurnal Teologi dan Pelayanan 7, no. 2 (2021): 203–214. https://sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/720.

Wibisono, Yusuf, and Dkk. Persepsi Dan Praktik Toleransi Beragama Di Kalangan Mahasiswa Muslim Dan Non-Muslim. Bandung: uin Sunang Gunung Dijati Bandung, 2022.

Widayati, Sri, and Eka Cahya Maulidiyah. “Religious Tolerance In Indonesia” 212 (2018): 685–688.

“ANAK MELALUI PENDIDIKAN Nurhattati Fuad Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta” (n.d.).




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v6i1.167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Verry Willyam, Naumi Parida, Yuni Kurniawati

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.