Pentingnya Filsafat Pendidikan Kristen Dalam Mengintegrasikan PAK Pada Mata Pelajaran Non PAK Di SD Kristen Charis National Academy Malang
Abstract
Pembelajaran yang terintegrasi Alkitab merupakan pembelajaran yang sangat penting dan krusial di dalam praktek pendidikan Kristen. Salah satu hal terpenting adalah untuk mengakui keberadaan dan kedaulatan Allah di segala pengetahuan dalam proses belajar. Tung (2013), mengatakan pembelajaran ini tidak mudah dilakukan secara konsisten tanpa adanya filsafat PAK yang kuat. Filsafat pendidikan Kristen merupakan fondasi utama dalam menerapkan integrasi PAK. Melalui latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru tentang filsafat pendidikan Kristen dan mendeskripsikan bagaimana filsafat pendidikan Kristen membantu dalam mengintegrasikan PAK pada pelajaran Non PAK. Tempat penelitian berlokasi di SD Kristen Charis National Academy Malang. Objek dalam penelitian, yaitu guru kelas grade 4, grade 5 dan grade 6 SD Kristen Charis Malang, yang berjumlah 6 guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sumber data menggunakan purposivesampling. Sedangkan analisis data dilakukan secara bersamaan dalam pembahasan, menggunakan analisis model Miles & Huberman.
.
Dari hasil analisis ditemukan bahwa: Pertama, pemahaman para informan tentang filsafat pendidikan Kristen yaitu ilmu atau dasar- dasar pendidikan yang memepelajari pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai Kristiani, yang berdasarkan Firman Tuhan atau Alkitab. Pemahaman para informan mengarah kepada satu unsur di dalam filsafat pendidikan Kristen, yaitu aksiologi pendidikan Kristen, yang berfokoskan pada pembahasan dan pengajaran tentang nilai-nilai Kristiani Kedua, filsafat PAK membantu dalam mengintegrasikan PAK pada pelajaran lainnya, yaitu untuk berpikir secara kritis, memilih dan memilah hal yang diintegrasikan agar sesuai dengan prinsip Alkitab dan untuk membuat suatu ramuan integrasi dari pengetahuan Akan alkitab, pengetahuan akan non bible dan pengalaman akan Kristus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Lorens Bagus, (2005).Kamus Filsafat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Yapi Tambayong.( 2013), Kamus Isme-Isme, Bandung: Nuansa Cendekia
ALKITAB.Terjemahan Baru. (2006). Jakarta : Lembaga Alkitab Indonesia.
Turnbull, N. (2005). Bengkel Ilmu Filsafat. Jakarta: Erlangga.
Lane,Tony.(2007).Sejarah Pemikiran Kristiani: Jakarta : BPK Gunung Mulia.
Nizar,Ibnu A.(2020).Membedah pemikiran Filsafat dan Agama.Yogyakarta:PT Bintang Surya Madani
Boehhlke,Robert.R,Ph.D.(1994).Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen.Jakarata: PT. BPK Gunung Mulia.
Djojosuroto, Kinayati.(2007).Filsafat Bahasa.Yogyakarta :Pustaka Book Publisher.
Anthony Michael J.(2017). Fondasi Pendidikan Abad 21.Malang: Gandum Mas.
Wommack, A. (2013). Filsafat Kristen. Jakarta: LIGHT Publishing
Amirudin, M. (2018). Filsafat pendidikan Islam. Gresik: Caremedia Communication.
Brown, C. (2017). Filsafat dan Iman Kristen 1. Surabaya: Momentum.
Toenlioe. (2018). Ilmu dan Filsafat Pendidikan. Malang: Elang Emas.
Tung, K. Y. (2013). Filsafat Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI.
Jhon W. Creswell. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset.Yogyakarta:Pustaka Belajar
Dr. Amir Hamzah, M.A.(2019). Metode Penelitian Kualitatif. Batu: Perum ParadisoProf.Dr. Lexy J. Moleong, M.A.(2013).Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Louis Berkhof & Cornelius Van Til.(2004).Dasar Pendidikan Kristen.Surabaya: Momentum
Peter Scazzero.(2006).Emotionally Healthy Sprituality. Surabaya: Literatur Perkantas Jatim
Prof.Dr.Sugiyono.(2016).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: ALFABETA
Prof.Dr.Sugiyono.(2019).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: ALFABETA
Dr. Janneman R Usmany. (2020).”Integrasi Teologi dan Filsafat” Materi STT Happy Family Program Pasca Sarjana (S2) Surabaya (Tidak diterbitkan).
Pane, M.L.(2019) Proyek Akhir tantangan dan kesempatan integrasi Alkitab dalam Penidikan. Program Sarjana Universitas Pelita Harapan.
Bangun, Y. 2021. Penerapan Integrasi Iman Kristen Model Bryan Smith Tahapan 2 Dalam Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA. Jurnal KAIROS Vol 1,No 1.rosiding.
DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v6i1.164
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Johannes Manurung
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.
DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:
Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.