Misi melalui Pelayanan Holistik dalam Pendidikan Kristiani
Abstract
This study describes the importance of missionological learning strategies and holistic ministry in Christian Religious Education. Learning strategies in missionology-based Christian Religious Education to learners are very effective in strengthening the foundation of children's faith from an early age on the importance of carrying out the Great commission to preach the gospel. Coupled with holistic service learning strategies can help students quickly to implement missionology learning in schools and the community. Therefore, through this study, the author conveys that considering the importance of missionology learning strategies and holistic ministry in Christian Religious Education can equip and instill mission values with holistic service in students from an early age. This research uses descriptive qualitative methods with a literature study approach, so it can be concluded that the indicators of missionology learning strategies and holistic ministry in Christian Religious Education stated in this study can help readers understand the importance of missionary learning strategies and holistic ministry in Christian Religious Education.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para pendidik Kristen tentang pentingnya pendidikan misi melalui pelayanan holistik kepada peserta didik sejak dini melalui Pendidikan Kristen. Strategi pembelajaran dalam Pendidikan Agama Kristen yang berbasis misi kepada peserta didik sangat efektif untuk memperkuat fondasi iman anak-anak sejak dini tentang pentingnya pelayanan yang holistik tanpa harus dibatasi atau mengesampingkan yang lain. Strategi pembelajaran pelayanan holistik juga dapat membantu peserta didik dengan mudah untuk mengimplementasikan misi di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, melalui penelitian ini penulis menyampaikan bahwa misi melalui pelayanan holistik sangat penting dalam Pendidikan Kristen, karena dapat membekali dan menanamkan nilai-nilai misi dengan pelayanan holistik dalam diri peserta didik sejak dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi literatur dan memberikan kesimpulan mengenai indikator-indikator sebagai faktor yang menentukan pentingnya strategi pembelajaran misi melalui pelayanan holistik dalam Pendidikan Agama Kristen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, Daud M, Bed Science, Chancellor College, ارگ مگردچیان, Daniel Lenox Fay, Divine Dhaka, Issn No, et al. “Konsep Mandat Budaya Sebagai Upaya Menjaga Kelestariaan Lingkungan Hidup Daud.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 7, no. 1 (2020): 283.
Agoestina, Eunike. “Model Pelayanan Misi Holistik dalam Pengentasan Kemiskinan.” Kaluteros: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Volume 1 N (2019): 43–53.
Anjaya, Carolina Etnasari. “Fenomena Persekusi Ekspresi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Kristen.” Jurnal Lentera Nusantara 1, no. 1 (2021): 1–12.
Anjaya, Carolina Etnasari, Yonatan Alex Arifianto, Andreas Fernando, dan Reni Triposa. “Pendidikan Anak Usia Dini dalam Keluarga Kristen Sebagai Upaya Menghadapi Pengaruh Sekularisme.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 7, no. 1 (2022): 124–138.
Anthony, Joyner Christina Webyanestefien, dan Yonatan Alex Arifianto. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Anak Remaja dalam Konteks Misiologi.” Journal of Learning & Evaluation Education 1, no. 1 (2022): 10–18.
Arifianto, Yonatan Alex. “Mereduksi Stigmatisasi Misiologi Hanya Untuk Pemimpin Gereja Sebagai Motivasi Orang Percaya Untuk Menginjil.” Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika 3, no. 1 (2021): 47–59.
Arifianto, Yonatan Alex, Hardi Budiyana, dan Paulus Purwoto. “Model dan Strategi Pembelajaran Yesus berdasarkan Injil Sinoptik dan Implementasinya bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 1–17.
Berhitu, Reinhard Jeffray. “Peran Gembala Jemaat Terhadap Pengembangan Pelayanan Holistik Di Gereja Kemah Injil Indonesia Jemaat Yegar Sahaduta Jayapura.” Jurnal Jaffray 12, no. 2 (2014): 273.
Dwikoryanto, Matius I Totok, Yudi Hendrilia, dan Carolina Etnasari Anjaya. “Sekolah Kristen dan Pendidikan Agama Kristen dalam Persiapan Menghadapi Era Society 5.0.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2021). Diakses Juli 2, 2022. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/102.
Elyana, Luluk. “Kurikulum Holistik Integratif Anak Usia Dini Dalam Implementasi Self Regulated Learning.” Prosiding HIPKIN Jateng 1, no. 1 (2017): 1–7.
Fernando, Andreas, Carolina Etnasari Anjaya, dan Yonatan Alex Arifianto. “Resiliensi Iman Kristen dalam Refleksi Kehidupan Habakuk.” THRONOS: Jurnal Teologi Kristen 3, no. 2 (2021).
Hardi Budiyana, Y.A Arifianto. “Pelayanan Holistik Melalui Strategi Entrepreneurship bagi Pertumbuhan Gereja Lokal.” E-Journal.Sttiman.Ac.Id 7, no. 2 (2021): 1–10.
Intarti, Esther Rela. “Peran guru pendidikan agama Kristen sebagai motivator.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2016): 28–40.
Lado, Gatsper A. “Peran Gereja Membela Kemanusian Anak Marjinal: Upaya Teologi Transformasi Pelayanan Holistik.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) 4, no. 2 (2022): 226–235.
Lintarwati, Ita, Carolina Etnasari Anjaya, dan Yonatan Alex Arifianto. “Tanggung Jawab Penginjilan Bagi orang Percaya: Sebuah Refleksi Teologis 1 Korintus 9: 16-17.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 5, no. 1 (2022).
Mawikere, Marde Christian Stenly. “Studi Sistematik Mengenai Misi dan Teologi Misi Alkitabiah dan Holistik serta Koherensinya dengan Pelayanan Gereja: Systematic Study of Biblical and Holistic Mission and Mission Theology and Their Coherence with Church Ministry.” Tepian: Jurnal Misiologi dan Komunikasi Kristen 2, no. 1 (2022): 45–76.
Munthe, Eben. “Mengoptimalkan Karunia Dalam Jemaat Untuk Melakukan Misi Amanat Agung Di Era 4.0.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 3, no. 2 (2019): 133–141.
Nainggolan, Donna Mutiara, Nehemia Nome, dan Ridolf S.Th. Manggoa. “Pentingnya Kontekstualisasi Pada Pendidikan Kristen.” Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 4, no. 1 (2021): 40–52.
Saetban, Saefnat. “Makna Iman Dalam Pelayanan Holistik.” Journal Kerusso 7, no. 1 (2022): 58–71.
Sembiring, Lena Anjarsari, dan Simon Simon. “Menggagas Pembelajaran Agama Kristen Berbasis Misiologi.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2022): 32–45.
Setinawati, Setinawati, Yudhi Kawangung, dan Agus Surya. “Praksis Misiologi Masyarakat Perkotaan.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6, no. 1 (2021): 251–261.
Siallagan, Thomson. “Sinergi Antara Keluarga, Sekolah, Dan Gereja Menjadikan Rumah Tangga Sebagai Pusat Pak Anak di Masa Pandemi Covid-19.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan 5, no. 1 (Juni 29, 2021): 29–44. Diakses September 16, 2021. https://sttexcelsius.ac.id/e-journal/index.php/excelsisdeo/article/view/62.
Soegijono, Harry, dan Marianus Patora. “Perbuatan Baik dalam Penginjilan Ditinjau dari Efesus 2: 10.” Voice of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2020): 39–50.
Stevanus, Kalis. “Rekonstruksi Paradigma dan Implementasi Misi Gereja di Indonesia Masa Kini.” EFATA; Jurnal Teologi Dan Pelayanan, Sekolah Tinggi Teologia Iman, Jakarta 7, No 2, no. 2 (2021): 105–115.
Sualang, Ferdinand Willy, Sri Wahyuni, Jak Sonnie Lomboan, Rudy Y Kapoti, dan Erif Katamang. “Bermisi Melalui Pendidikan Kristen Menurut Ulangan 6: 6--9 Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.” APOLONIUS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 69–79.
Telaumbanua, Augusni Hanna Niwati. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Industri 4.0.” Institutio:Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (Desember 28, 2020): 45–62. Diakses September 26, 2021. http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/IT/article/view/243.
Tembay, Aris Elisa, dan Eliman. “Merajut Anugerah Dalam Penginjilan Holistik.” SCRIPTA: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual 7, no. 1 (2020): 33–49.
Toding, Sarah Priska, dan Carolina Etnasari Anjaya. “Tinjauan Eksistensi Roh Kudus dalam Dunia Virtual.” Ritornera-Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia 1, no. 3 (2021).
Tumbol, Johana Betris. “Dua Strategi Misi Mahasiswa Sekolah Teologi di Indonesia Masa Kini.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 3, no. 2 (2021): 197–213.
Wowor, Jeniffer Pelupessy. “Partisipasi pendidikan Kristiani di ruang publik dalam menunjang deradikalisasi.” Kurios 7, no. 1 (2021): 108.
DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v5i2.143
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Didaktikos
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.
DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:
Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.