Pengaruh Kecerdasan Spritual Terhadap Motivasi Berprestasi Dalam Mata Kuliah Pengetahuan Dan Pengantar Perjanjian Baru Mahasiswa STIPAK MALANG

Putriana Moju Riwa, Lidia Susanti

Abstract


Terjadinya pandemi covid-19 memberikan dampak yang cukup buruk bagi mahasiswa. Dampak buruk yan dimaksudkan, yaitu motivasi belajar mahasiswa menjadi menurun. Turunnya motivasi belajar juga terjadi pada mahasiswa STIPAK. Dari hasil wawancara secara singkat mahasiswa mengatakan bahwa selama pandemi yang mengharuskan untuk belajar daring menyebabkan mereka cepat bosan, kurang konsentrasi, memilih mematikan kamare, dan melakukan hal lain dibandingkan kuliah. Dalam hal ini, salah satu faktor yang membangun motivasi adalah kecerdasan spiritual. Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan seseorang. Oleh karena itu, berdasarkan masalah yang terjadai pada mahasiswa STIPAK, maka peneliti ingin melakukan penelitian yang bertujaun untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi berprestasi dalam Mata Kuliah Pengetahuan dan Pengantar Perjanjian Baru Mahasiswa STIPAK Malang angkata tahun 2019-2021. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto yang dialkukan di STIPAK Malang. Populasi dalam penelitianini berjumlah 50 orang dengan sampel 45 orang. Data dianlisis menggunakan SPSS versi 22. Uji yang dilakukan adalah uji instrument, asumsii klasik, regresi linier sederhana, dan uji hipotesa. Berdasarkan analisa yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kecerdasan spiritual mempengaruhi motivasi berpretasi mahasiswa dalam mata kulaih Pengetahuan dan Pengantar Perjanjian Baru sebebsar 52,9%. hasil ini didapatkan dari uji regresi dan uji hipotesa.

Kata kunci : Pengaruh, Kecerdasan Spiritual, Motivasi Beprestasi.


Full Text:

PDF

References


Ahdiyana, M. (2015). Dimensi Organizational Citizenship Behavior (OCB) dalam Kinerja Organisasi. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 10(1). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v10i1.3965

Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332.

Damanhuri, D. (2020, November). Student Learning Motivation In The Pandemic Time Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 351-354).

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2). https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.

Febrianti, E. P. (2021). Motivasi Belajar Menurun Imbas dari Covid-19.

Irawan, V. W. E. (2019). Peranan Kecerdasan Spiritual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Munaqasyah Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1).

Kawangmani, S., & Lukmono, I. B. (2020). Efektivitas Pembelajaran Agama Kristen melalui Mata Kuliah Pendidikan Agama Kristen di Perguruan Tinggi Terhadap Pemahaman Mahasiswa Kristen Tentang Gambar Diri. Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika, 2(1). https://doi.org/10.38052/gamaliel.v2i1.48.

Moslem, M. C., Komaro, M., & Yayat. (2019). Faktor-Faktor yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2). https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21803.

Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan.

Susanti, L. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. In Jakarta: Elex Media Komputindo.

Wicaksono, H. (2017). Program studi pendidikan agama islam pascasarjana institut agama islam negeri purwokerto 2017.

Yusup, F. ( 2018 ). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 7 No. 1, 17-23.

Zohar, D., & Marshall, I. (2007). Kecerdasan Spiritual (SQ). Bandung: PT. Mizan Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v6i2.118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putriana Moju Riwa

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.