Dampak Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Memberikan Motivasi Belajar Ekstrinsik Siswa SD Charis Malang

Juliana Sianturi, Kristyana Kristyana

Abstract


Abstrack: Personality competence is the ability possessed by a teacher which can be seen from several aspects of personality. The impact is that teacher’s can help students who have problems in learning. The purpose of this study was to determine the personality competence of PAK teacher’s in providing extrinsic learning motivation for the students of SD Charis Malang. The research method used in this research is qualitative with a phenomenological approach. The results showed that the teacher’s way of providing extrinsic motivation to learn, namely giving rewards through prise, appreciating students, giving personal attention, arranging fun lessons, and communicating with students. The suggestion is that teacher’s need to pay attention to the personality competencies they have, incorporate one’s personality as teaching values, and practice the teacher’s personality competencies in the teaching and learning process.

Keywords: PAK teacher’s personality competence; PAK teacher’s; extrinsic learning motivation

 

Abstrak: Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru yang bisa dilihat dari beberapa segi kepribadian. Dampaknya guru bisa menolong siswa yang bermasalah dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru PAK dalam memberikan motivasi belajar ekstrinsik siswa SD Charis Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara guru memberikan motivasi belajar secara ekstrinsik, yaitu memberikan penghargaan melalui pujian, menghargai siswa, memberikan perhatian secara personal/pendampingan, menyusun pelajaran yang menyenangkan, dan berkomunikasi dengan siswa. Sarannya, guru-guru perlu memperhatikan kompetensi kepribadian yang dimiliki, memasukkan kepribadian Yesus sebagai nilai-nilai pengajaran, dan mempraktekkan kompetensi kepribadian guru dalam proses belajar mengajar.

Kata kunci: kompetensi kepribadian guru PAK; guru PAK; motivasi belajar ekstrinsik

Full Text:

PDF

References


Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Hasil Penelitian Maupun Pemikiran Kritis, 7, 55.

Naibaho, D. (2018). Peranan Guru sebagai Fasilitator dalam Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Christian Humaniora, 2, 77.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo-Surakarta: Cakra Books.

Numahara, D. (2018). Pengutamaan Dimensi Karakter dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Jaffray, 16, 110.

Permana, N. S. (2020). Yesus sebagai Guru Ditinjau dari Pendekatan Mengajar dan Relevansinya bagi Guru Agama Katolik. Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 20, 84.

Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1, 3.

Prijanto, J. (2015). Kompetensi Kepribadian Guru dan Relevansinya terhadap Tugas Mengajar di Kelas. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 51.

Pusitaningtyas, A. (2016). Pengaruh Komunikasi Orang Tua dan Guru Terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Proceeding of ICECRS, 1, 935.

Samosir, R. (2019). Guru Pendidikan Agama Kristen yang Profesional. Jurnal Pionir, 5, 66.

Sumiati. (2021). Prinsip Guru Pendidikan Agama Kristen Memotivasi Belajar Peserta Didik dalam Perspektif Alkitab. Jurnal Pendidikan Kristen, 1, 76-77.

Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Fidei, 1, 223.




DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v7i2.117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Afleningsih Ndapa Banjal, Juliana Sianturi, Kristyana Kristyana

Creative Commons License
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.

DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:

     
Online ISSN: 2621-2110

Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.