Penerapan Teknik Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Daring
Abstract
Self-regulated learning is self-regulating skills to set goals, evaluate and make the necessary adaptations. This technique can optimize online learning, indicating tiring and multitasking. This study aims to determine how STIPAK students, especially those from the TFN program, use self-regulated learning techniques to optimize online learning. This type of research is qualitative with a phenomenological approach; the number of informants studied is six people. The results showed that all the informants had implemented several SRL strategies. However, only three people (LPA, YSE, and ASN) did with 3 SRL strategies, and only one informant, namely ASN, did with the choice of an effective SRL strategy. The researcher's suggestion, it is necessary to develop students to increase online learning to be more optimal.
Abstrak
Self-regulated learning adalah keterampilan mengatur diri untuk menetapkan tujuan, mengevaluasi dan membuat adaptasi yang diperlukan. Teknik ini dapat mengoptimalkan proses belajar secara daring yang mengindikasikan melelahkan dan banyak tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah mahasiswa STIPAK khususnya dari program TFN dalam mengunakan teknik self-regulated learning (SLR) sebagai cara mengoptimalisasikan pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, informan yang diteliti berjumlah 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua informan telah melakukan beberapa strategi SRL. Namun hanya tiga orang (LPA, YSE dan ASN) yang melakukan dengan 3 strategi SRL dan hanya 1 informan yaitu ASN yang melakukan dengan pilihan strategi SRL yang efektif. Saran peneliti adalah perlu pembinaan mahasiswa agar ada peningkatan SRL supaya pebelajaran daring lebih optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cresswell. Penelitian Kwalitatif & Desain Risat. yogyakarta: Pustaka pelajar, 2018.
Fasikhah, Siti Suminarti, and Siti Fatimah. “Self-Regulated Learning (SRL) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa.” Jurnal ilmiah psikologi terapan 1, no. 1 (2013): 145–155.
Fuadi, Tuti Marjan, Riki Musriandi, and Linda Suryani. “Covid-19: Penerapan Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Dedikasi Pendidikan 4, no. 2 (2020): 193–200.
Hamzah Amir, Dr. Metode Penelitian Kualitatif. 1st ed. Batu: CV. Literasi Nusantara, 2019.
Idrus, Jafar Noh, Novi Pioh, and Donald Monintja. “OPTIMALISASI PERAN KEPALA DAERAH DI PEMERINTAHAN KOTA TIDORE KEPULAUAN.” JURNAL EKSEKUTIF 3, no. 3 (2019).
Indiani, Baroroh. “Mengoptimalkan Proses Pembelajaran Dengan Media Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel 1, no. 3 (2020): 227–232.
Kristiyani, Titik. Self-Regulated Learning: Konsep, Implikasi Dan Tantangannya Bagi Siswa Di Indonesia. Sanata Dharma University Press, 2020.
Kurniadi, Trisno. “Penguasaan Diri Hamba Tuhan Dalam Pelayanan Kajian Eksegetikal 2 Timotius 4: 1-8.” Manna Rafflesia 3, no. 2 (2017): 131–156.
Pawicara, Ruci, and Maharani Conilie. “Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember Di Tengah Pandemi Covid-19.” ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi 1, no. 1 (2020): 29–38.
Prasetyo, Teguh, Arita Marini, and Mohamad Syarif Sumantri. “Kepercayaan Dan Kepuasan Penggunaan LMS Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring.” Jurnal Penjaminan Mutu 7, no. 2 (2021).
Rantesalu, Syani Bombongan. “Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Nilai Dan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa SMA Negeri Di Tana Toraja.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 3, no. 2 (2020): 214–229.
Sanitiara, Sanitiara, Elda Nazriati, and Firdaus Firdaus. “Hubungan Kecemasan Akademis Dengan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun 2013/2014.” Riau University, 2014.
Saraswati, Putri. “Strategi Self Regulated Learning Dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Akademik.” Intuisi 9, no. 3 (2017): 210–223.
Sudinadji, Muh Bagus, and Kumaidi Kumaidi. “Pengalaman Self Regulated Learning Siswa Untuk Menghadapi Ujian.” Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi 4, no. 2 (2019): 79–95.
Suhery, Suhery, Trimardi Jaya Putra, and Jasmalinda Jasmalinda. “Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di Sdn 17 Mata Air Padang Selatan.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 3 (2020): 129–132.
Utari, Amanda, Syamsul Hadi Senen, and Rasto Rasto. “PENGARUH SELF REGULATED LEARNING (SLR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI.” SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal 1, no. 1 (2018): 8–14.
Zulkarnaini, Zulkarnaini. “OPTIMALISASI POTENSI PERALATAN BENGKEL (WORKSHOP) TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 TEMBILAHAN MELALUI KEGIATAN UNIT PRODUKSI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DAN MANFAATNYA BAGI MASYARAKAT.” Menara Ilmu 13, no. 4 (2019).
DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v5i1.105
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Didaktikos
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.
DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:
Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.