Guru Kristiani Mengatasi Cyberbullying Anak Remaja Usia 13-18 tahun
Abstract
The development of this increasingly rapid era makes it easy to do something, but it can be a trigger problem for the millennial generation, especially in cyberbullying by sharing or updating, watching content that does not have a positive meaning, and then practicing it with their peers. Writing in this paper using literature research with a descriptive qualitative approach with the hope that teachers are able to provide a good and correct understanding of preventing, overcoming, and handling cases of cyberbullying among teenagers so that the teacher's role in protecting and educating students from an early age in instilling Christian values from an early age can apply it in his life now and so on in socializing, organizing and socializing.
Abstrak
Perkembangan zaman yang semakin pesat ini membuat segalanya mudah untuk melakukan sesuatu, namun bisa menjadi pemicu permasalahan bagi generasi milenial terutama dalam melakukan cyberbullying dengan membagikan atau mengupdate, menonton konten-konten yang tidak memiliki makna positif lalu mempraktekkannya kepada teman sebayanya. Penulisan dalam paper ini, dengan menggunakan penelitian pustaka dengan pendekatan kuaitatif deskriptif dengan harapan guru mampu memberikan pemahaman yang baik dan benar dalam mencegah, mengatasi serta menangani kasus terjadinya cyberbullying dikalangan remaja sehingga peran guru dalam mengayomi dan mendidik siswa sejak dini dalam menanamkan nilai-nilai kristiani sejak dini dapat menerapkannya daam kehidupannya sekarang dan seterusnya dsam bersosiaisasi, berorganisasi dan bermasyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, Siti Robiah. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Cyberbullying Pada Remaja.” Prosiding Seminar Nasiona Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (2019): 398–403.
Akbari, Taufan Teguh, and Alphana Christy Falopenia. “Personal Image Generasi Millennial Korban Cyberbullying Pada Akun Instagram Dan Ask Fm Di Jakarta.” Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi 1, no. 1 (2017): 368–378.
Antama, Febrizal, and Mukhtar Zuhdy. “Faktor-Faktor Penyebab Cyberbullying Yang Dilakukan Oleh Remaja Di Kota Yogyakarta.” Indonesia Journal of Criminal and Criminology (IJCLC) 2, no. 2 (2021): 66–77.
Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 45–59.
Arifianto, Yonatan Alex, and Joseph Christ Santo. “Iman Kristen Dan Perundungan Di Era Disrupsi.” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 149–163.
Chotimsh, Azyan Khusnul. “Hubungan Antara Perspective-Taking Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Madya.” Universitas Mercu Buana, Yogyakarta (2019): 10–109.
Christiani, Lintang Citra, and Prinisia Nurul Ikasari. “Generasi Z Dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi Dalam Perspektif Budaya Jawa.” Jurnal Komunikasi dan Kajian Media 4, no. 2 (2020): 84–105.
Darmayanti, Kusumasari Kartika Hima, Farida Kurniawati, and Dominikus David Biondi Situmorang. “Bullying Di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian Dan Cara Menanggulanginya.” Pedagogia, Jurnal Ilmu Pendidikan 17, no. 1 (2019): 55–66.
Hamidah, Maziyatul. “RELIGIUSITAS DAN PERILAKU Bullying PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN.” Psycho Holistic 2, no. 1 (2020): 141–151.
Hertinjung, Wisnu Sri. Bentuk-Bentuk Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar. Surakarta, 2013.
Jalal, Novita Maulidya, Miftah Idris, and Muliana. “Faktor-Faktor Cyberbullying Pada Remaja.” Jurnal Ikra-ITH Humaniora 5, no. 2 (2021): 146–154.
Karyanti, and Aminudin. Cyberbullying & Body Shaming. Edited by Ngalimun. Yogyakarta: Penerbit K-Media, 2019.
Krisdian, Eka Anggraeni, and Iman Subekti. “E-BOOK CERITA BERGAMBAR PENCEGAHAN BULLYING UNTUK ANAK USIA 9-11 TAHUN BERBASIS ALKITAB.” Aletheia Christian Educators Journal 2, no. 1 (2021): 57–68.
Lestari, Sri, Yusmansyah Yusmansyah, and Shinta Mayasari. “Bentuk Dan Faktor Penyebab Perilaku Bullying.” Alibkin, Jurnal Bimbingan Konseling 6, no. 2 (2018): 1–11.
Pandie, Mira Marleni, and Ivan Th. J. Weismann. “Pengaruh Cyberbullying Di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying Pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar.” Jurnal Jaffray 14, no. 1 (2016): 43–62.
Petrus, Wadison, Irene P Kristin, Mery Cristina Lumban Gaol, Tira Febi Soha, and Talizaro Tafonao. “Strategi Mencegah Terjadi Cyberbullying Di Kalangan Generasi Z Dengan Pendekatan Nilai-Nilai Karakter Kristiani.” Epignosis, Jurnal Pendidikan Kristiani dan Teoogi 1, no. 1 (2022): 23–31.
Rachmah, Dwi Nur. “Empati Pada Pelaku Bullying.” Jurnal Ecopsy 1, no. 2 (2014): 51–58.
Sudarji, Wenny Theodore Shanty. “FAKTOR-FAKTOR PERILAKU PERUNDUNGAN PADA PELAJAR USIA REMAJA DI JAKARTA.” Jurnal Psibernetika 12, no. 2 (2019): 67–79.
Syah, Rahmat, and Istiana Hermawati. “Upaya Pencegahan Kasus Cyberbullying Bagi Remaja Pengguna Media Sosial Di Indonesia.” Jurnal PKS 17, no. 2 (2018): 131–146.
Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2018).
Trisnani, Rischa Pramudia, and Silvia Yula Wardani. “Perilaku Bulying Di SEekolah.” G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling 1, no. 1 (February 2019): 1–11.
Utami, Anastasia Siwi Fatma, and Nur Baiti. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan Remaja.” Cakrawala, Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika 18, no. 2 (2018): 257–262.
Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat (2020).
DOI: https://doi.org/10.32490/didaktik.v5i1.100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Didaktikos
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos.
DIDAKTIKOS telah terindeks pada situs:
Copyright© DIDAKTIKOS 2018-2020. All Rights Reserved.